Pantau Flash
Sean Connery, Pemeran James Bond Meninggal di Usia 90
Milenial Jangan Dimanja Tuai Pro dan Kontra, Megawati Santai
Jakarta sebagai Kota Terbaik Dunia dalam STA 2021, Anies: Alhamdulillah
Presiden Jokowi Kecam Pernyataan Emmanuel Macron yang Hina Islam
1 Tahun Pengabdian, Mendes PDTT Peroleh Penghargaan IPB

Kronologi Arief Budiman Dinyatakan Positif COVID-19, Jarak Sehari Rapid Tes

Kronologi Arief Budiman Dinyatakan Positif COVID-19, Jarak Sehari Rapid Tes Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/2/2020) untuk menjalani pemeriksaan. (Foto: Antara/Benardy Ferdiansyah)

Pantau.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ri Arief Budiman mengakui dirinya dinyatakan positif COVID-19 dan sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya.

"Tanggal 16 September saya melakukan rapid test dengan hasil non reaktif, 17 September, malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di istana bogor 18 September, dengan hasil positif. Kehadiran dalam rapat selanjutnya diwakili oleh anggota KPU," kata Arief Budiman di Jakarta, Jumat.

Sejak 18 September dini hari, lanjutnya, sudah mulai melakukan karantina mandiri. Arief Budiman menjelaskan dirinya positif COVID-19 tanpa gejala. "Tanggal 18 September dini hari sudah mulai melakukan karantina mandiri karena tidak terdapat gejala, batuk, panas, pilek ataupun sesak nafas," katanya.

 Baca juga: Ketua KPU RI Arief Budiman Positif COVID-19

Dirinya menjelaskan pada pagi hari juga telah dilakukan tes usap kepada seluruh orang yang ada di rumah dinas KPU. "Termasuk saya melakukan tes ulang. KPU menerapkan kebijakan WFH mulai 18 sampai dengan 22 September," ucap Arief Budiman.

Tindakan lanjutan lainnya pasca dinyatakan positif COVID-19, kata Arief, yakni melakukan sterilisasi untuk seluruh area rumah dinas dan kantor, tindakan lanjutan itu dimulai pada Sabtu 19 September 2020.

"Saya tetap menjalankan tugas dengan cara WFH, daring. Mohon doa dari semua pihak agar bisa diberikan kesehatan bagi kita semua, semoga kesehatan dan keselamatan selalu tercurahkan untuk Bangsa Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 Harian di RI Bertambah 3.891 per 18 September

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: