Pantau Flash
Polisi Periksa 20 Saksi Terkait Tewasnya Editor Metro TV
Innalillahi, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia
Pemerintah Bantu 150 Bus untuk Urai Antrean Penumpang KRL dari Bogor
Pasien Sembuh dari COVID-19 Bertambah Jadi 35.638
Survei CPCS: Posisi Anies Anjlok sebagai Calon Kuat Pilpres 2024

Pemkab Bekasi Mulai Rapid Test dengan Metode 'Door to Door'

Pemkab Bekasi Mulai Rapid Test dengan Metode 'Door to Door' Arsip Foto. Petugas medis mengambil sampel darah warga dalam pemeriksaan cepat COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

Pantau.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 dari rumah ke rumah untuk mencegah penularan virus korona tipe baru (SARS-CoV-2).

"Rapid test (pemeriksaan cepat) metode door to door (pintu ke pintu) mulai dilakukan hari ini dengan mendatangi kediaman pasien serta rumah sakit yang menangani pasien COVID-19," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Catat! Ada 8 Lokasi Rapid Test Korona di Kota Bogor dengan 800 Alat

Ia menjelaskan, pemeriksaan cepat COVID-19 dari rumah ke rumah dilakukan untuk warga yang masuk dalam Kategori A, yakni orang dalam pemantauan (ODP)--orang yang datang dari daerah penularan virus korona--, pasien dalam pengawasan (PDP) --orang yang datang dari daerah penularan dan mengalami gejala sakit serupa COVID-19--, dan tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

Pelaksanaan tes cepat COVID-19 di Kabupaten Bekasi melibatkan sedikitnya 200 tenaga kesehatan dari puskesmas, Dinas Kesehatan, serta rumah sakit yang telah mengikuti sosialisasi mengenai tara cara penggunaan alat pemeriksaan cepat COVID-19.

"ODP yang diisolasi di rumah masing-masing akan didatangi petugas kesehatan dari puskesmas wilayah tersebut. Sementara untuk PDP dan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit, (pemeriksaan) akan dilakukan di rumah sakit oleh petugas, tentunya dengan pendampingan Dinas Kesehatan," kata Alamsyah.

Baca juga: Rapid Test untuk Mendiagnosa Virus Korona? Ini Jawaban Pemerintah

Setelah melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 dari rumah ke rumah, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menyiapkan fasilitas pemeriksaan infeksi virus korona model drive through, fasilitas yang memungkinkan warga menjalani pemeriksaan tanpa keluar dari kendaraan.

Layanan pemeriksaan model drive through akan disediakan mulai Jumat (27/3) di kompleks Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Pemeriksaan cepat tahap kedua ini ditujukan bagi warga yang masuk dalam Kategori B, termasuk tenaga medis, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum yang melewati area pemeriksaan.

"Kita sudah siapkan tempatnya di area sekitar stadion. Mudah-mudahan besok sudah bisa dilaksanakan karena fokus kita hari ini adalah menyelesaikan yang door to door dahulu," kata Alamsyah.

Pemerintah Kabupaten Bekasi mendapat 1.000 alat tes cepat COVID-19 dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan pemeriksaan cepat dari rumah ke rumah maupun melalui layanan drive through.

Petugas kesehatan bisa mendeteksi potensi infeksi virus corona dengan meneteskan sampel darah kapiler ke alat pemeriksaan cepat tersebut.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: