Pantau Flash
BEM SI Demo di Depan KPK Usai Ultimatum Tak Digubris Jokowi, Ratusan Personel Disiagakan
Senaf Soll, Pecatan TNI AD yang Jadi Pimpinan KKB Meninggal di RS Bhayangkara Jayapura
Tiba di Polda Metro, Luhut Diperiksa Terkait Laporan Terhadap Haris Azhar
Data per 26 September, 48.526.648 Penduduk Indonesia Sudah Dapat Vaksin Dosis Lengkap
Ngeri, IDI Ungkap Kasus Anak Terinfeksi Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat

Wagub DKI: Vaksin Penting dan Mendesak Mengingat Sumber Persoalan Pandemi

Wagub DKI: Vaksin Penting dan Mendesak Mengingat Sumber Persoalan Pandemi Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza (Foto: Antara)

Pantau.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut vaksinasi menjadi kebutuhan penting dan mendesak mengingat sumber persoalan pandemi ini adalah masalah kesehatan.

"Kemunculan dan program vaksinasi menjadi sangat penting dan mendesak, karena sumber dari persoalan pandemi ini adalah masalah kesehatan," kata Riza Patria dalam keterangan yang disampaikannya di acara webinar transportasi, tanggap vaksin untuk Indonesia Bangkit dari BUMD LRT, Jumat (30/7/2021).

Dengan vaksinasi, Riza mengharapkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi diharapkan meningkat setelah terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity).

"Sehingga roda perekonomian bisa kembali berputar," tuturnya.

Pasalnya, lanjut Riza, selama satu setengah tahun masa pandemi COVID-19, perekonomian tertekan dan terdesak, baik dari sisi suplai di mana banyak kegiatan produksi terganggu karena penerapan pembatasan sosial.

Kemudian sisi "demand" di mana daya beli masyarakat menurun. Serta sektor jasa dan pelayanan yang terganggu dan terhenti, terutama terkait jasa transportasi, pariwisata, penginapan dan sebagainya.

Baca juga: Segera Cair! Kemnaker Terima Data Calon Penerima Bantuan Subsidi Gaji Rp1 Juta

"Dengan tertekannya kegiatan perekonomian di masa pandemi ini, tak mengherankan jika tingkat pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dan masuk jurang resesi," ucapnya.

Akhirnya, lanjut Riza, angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia pun meningkat di mana berdasarkan data BPS pada peride Agustus 2020, jumlah angka pengangguran meningkat 2,67 juta orang.

Total jumlah angkatan kerja di Indonesia yang menganggur jadi sebesar 9,77 juta orang. Data BPS juga menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin Indonesia sudah mencapai 27,55 juta orang pada September 2020 yang meningkat 2,76 juta dibanding posisi pada September 2019.

"Untuk itulah vaksinasi sebagai upaya menciptakan herd immunity memang harus diambil Tidak terkecuali di DKI Jakarta, sehingga kunci yang tak kalah penting adalah memobilisasi warga untuk divaksin dan memberi informasi yang benar soal vaksin," tutur Riza.

Tim Pantau
Editor
Adryan N
Penulis
Adryan N

Berita Terkait: