Pantau Flash
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
25 Anak Usaha Pertamina Akan Didivestasi dan Likuidasi
Pandemi Korona di Indonesia Bisa Berakhir Bulan Mei, tapi Ada Syaratnya
Aa Gym Minta Warga Tak Tolak Pemakaman Jenazah COVID-19
Perusahaan Bisa Cicil Pembayaran THR di Tengah Wabah Virus Korona

WNI di Kapal Diamond Princess 'Kecewa' Jika Evakuasi Lewat Jalur Laut

Headline
WNI di Kapal Diamond Princess 'Kecewa' Jika Evakuasi Lewat Jalur Laut Kemungkinan besar kru kapal pesiar Diamond Princess akan dievakuasi lewat jalur laut dengan menggunakan kapal milik TNI. (Foto: ABC News/Jake Sturmer)

Pantau.com - Salah satu pilihan untuk mengevakuasi pekerja kapal pesiar Diamond Princess asal Indonesia adalah melalui jalur laut. Meski menyambut pilihan ini, mereka mengaku "kecewa", karena membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai daratan.

Empat kru kapal pesiar Diamond Princess asal Indonesia telah dinyatakan terinfeksi virus korona dan Pemerintah Indonesia sudah merancang beberapa operasi evakuasi.

Evakuasi lewat laut dengan menggunakan kapal medis milik Angkatan Laut, KRI DR Soeharso, yang saat ini bersandar di dermaga Komando Armada Dua (Koarmada II) Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji telah menggelar rapat koordinasi, sekaligus mendengarkan pemaparan kesiapan KRI Dr Soeharso untuk mengevakuasi WNI di Kapal Diamond Princess.

Baca juga: Korsel Laporkan 31 Kasus Baru Korona yang Terjadi Usai Kebaktian Gereja

Butuh 34 hari untuk evakuasi lewat laut


KRI Dr Soeharso bersiap mengevakuasi 74 WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess. (Foto: via ABC News)

Dalam paparannya disampaikan perkiraan perjalanan Surabaya ke Yokohama di Jepang melalui Davao (Filipina) akan memakan waktu 11 hari. Setelah proses evakuasi, perjalanan dari Yokohama ke Surabaya melalui Ranai, Natuna, diprediksi sekitar 15 hari. Total lama perjalanan termasuk waktu sandar di pelabuhan dan upaya evakuasi adalah 34 hari.

Selain melaporkan kesiapan KRI Dr Soeharso, pada rapat tersebut dijelaskan pula proses evakuasi akan melibatkan 153 awak kapal, termasuk personel petugas kesehatan.

Pilihan menggunakan KRI Dr Soeharso menjadi skenario pertama pemulangan kru kapal asal Indonesia dari kapal Diamond Princess, menyusul merebaknya virus korona di kapal pesiar tersebut awal Februari lalu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: