Pantau Flash
Jasa Marga Pastikan Wakil Jaksa Agung Terlibat Kecelakaan Tunggal
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia
Update COVID-19 di Indonesia 4 April: Korban Positif Tembus 2 Ribu Orang

10 Fakta Mengejutkan Soal Penumpang di Kapal RMS Titanic

10 Fakta Mengejutkan Soal Penumpang di Kapal RMS Titanic RMS Titanic. (Foto: Wikimedia)

Pantau.com - 106 tahun yang lalu, salah satu tregadi mematikan telah terjadi. Tepatnya, 15 April 1912, pukul 02.20 pagi waktu setempat, salah satu kapal paling mewah di dunia, menabrak gunung es dan tenggelam di lepas pantai Newfoundland.

Tragedi itu memakan korban jiwa 1.500. Titanic, yang merupakan kapal dengan penumpang paling banyak saat itu tengah melakukan pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York, Amerika Serikat.

Dibutuhkan waktu sekitar 73 tahun untuk menemukan bangkai kapal. Dr. Robert Ballard dan ilmuan Jean-Lous Miche menemukan lokasi Titanic pada tanggal 1 September 1985. Tragedi itu telah dijadikan film, buku, dan artikel.

Namun, penumpang kapal itu memegang rahasia yang mungkin akan mengejutkan Anda. Berikut fakta-fakta tersembunyi tentang penumpang Titanic yang dirangkum dari Insider.

Baca juga: 9 Foto Kuno Kemegahan Kapal Titanic, (Mungkin) Kamu Belum Pernah Lihat

1. Dorothy Gibson

Aktris film Amerika Dorothy Gibson merupakan salah satu dari 700 korban selamat dari tabrakan kapal dengan gunung es tersebut. Setelah tiba di New York tanpa cedera, ia segera memulai syuting 'Saved from the Titanic', film pertama yang menggambarkan peristiwa tenggelamnya kapal mewah itu. Film itu dirilis pada Mei 1912. 

Ia terkenal karena mengenakan pakaian dan sepatu yang sama dalam film seperti yang ia kenakan selama tragedi tenggelamnya kapal Titanic. Namun, cetakan film tersebut hancur dalam sebuah kebakaran.

2. Lawrence Beesley

Menurut IMBD, Beesley berada di set 'A Night to Remember', yang dianggap paling akurat dari semua film Titanic. Ia diduga mencoba melompat ke dalam adegan yang menggambarkan tenggelamnya kapal tersebut, agar secara simbolis turun dengan kapal. Namun, dikatakan bahwa Direktur Roy Ward Baker menolak, karena akan menjadi pelanggaran serikat dan bisa menghentikan syuting.

3. Penumpang Kelas III

Meski disebut-sebut sebagai kapal paling mewah di zamannya, penumpang kelas tiga di Titanic jauh lebih baik daripada yang dikatakan.

Jumlah penumpang kelas tiga berkisar 700 hingga 1.000 orang, dan mereka semua harus berbagi dua bak mandi.

4. Musisi di Kapal Titanic

Salah satu musisi di kapal itu tidak secara resmi dinyatakan tewas hingga tahun 2000. Roger Bricoux adalah pemain cello di kapal Titanic, dan ketika berusia 21 tahun ia tewas dalam tenggelamnya kapal.

Meskipun semua musisi dinyatakan meninggal dunia pada 15 April 1912. Tentara Perancis bahkan memanggilnya pembelot karena tidak melayani dengan baik pada Perang Dunia I. Association fran├žaise du Titanic (Asosiasi Perancis Titanic) bekerja untuk membersihkan namanya dan secara resmi menempatkan Bricoux untuk beristirahat, tetapi tidak berhasil sampai 88 tahun setelah Titanic tenggelam.

Selain itu, musisi di kapal itu disebutkan memainkan musik hingga kapal tenggelam untuk mencoba menenangkan para penumpang. Mereka telah disebut sebagai pahlawan karena bermain musik selama dua jam setelah kapal menabrak gunung es.

5. Ruang Pengamatan Kapal Terkunci

Petugas area pengamatan kapal, Frederick Fleet dan Reginald Lee, tidak memiliki akses ke ruang pengamatan selama perjalanan, hal itu menyebabkan petugas tidak dapat melihat lebih jauh jalur kapal. Petugas sebelumnya disebutkan lupa untuk menyerahkan kunci ke loker untuk ruang pengamatan kapal. Kunci kemudian ditemukan dan di lelang dpada 2010 dengan harga USD130.000.

Menurut temuan penyelidikan pada 1912, hanya 37 berlalu ketika petugas melihat gunung es dan melaporkan ke bawah, serta memutuskan apa saja tindakan yang harus diambil.

Frederick Fleet dilaporkan menelpon ke dek bawah 'Gunung es tepat di depan'. Ia selamat dari tenggelamnya kapal itu namun tewas karena bunuh diri pada 1965, usai kematian sang istri.

Baca juga: 5 Teori Konspirasi Tragedi Mematikan Titanic, Sengajakah Ditenggelam?

6. Korban Jiwa Selama Konstruksi Kapal Titanic

Delapan orang tewas dalam pembangunan kapal, tetapi hanya lima nama yang diketahui: Samuel Scott, John Kelly, William Clarke, James Dobbin, dan Robert Murphy. Sebuah plakat memorialisasikan delapan pria di Belfast diresmikan pada 2012.

7. Rumor Berpakaian Wanita untuk Sekoci

Untuk satu pasangan, rumor ini telah menyebabkan perceraian. Dickinson dan Helen Bishop telah bercerai pada 1916, empat tahun usai tragedi kapal Titanic. Helen mengklaim bahwa suaminya seorang pemabuk, tetapi hubungan kedunya juga diganggu dengan rumor bahwa Dickinson berpakaian sebagai wanita untuk mendapatkan tempat di dalam sekoci.

Dalam kesaksian resminya selama penyelidikan Senat AS mengenai Titanic, ia mengklaim bahwa tidak ada perintah resmi yang memungkinkan hanya perempuan dan anak-anak untuk mendapatkan sekoci. 

Bishop bukan satu-satunya orang yang dituduh menyamarkan dirinya sebagai seorang wanita-J. Bruce Ismay, William Carter, dan William T. Sloper terus dihantui dengan rumor yang sama sepanjang hidup mereka.

8. Insinyur Titanic Tetap di Kapal

Setiap insinyur di atas kapal Titanic terus berjaga di belakang kapal agar kapal dapat bertahan sampai akhir. Lampu di Titanic tetap menyala selama tragedi mematikan karena upaya tak mengenal lelah para insinyur kapal, yang disebutkan tetap berada di kapal untuk menjaga listrik dan pompa berjalan sementara kapal tenggelam. Mereka terus berupaya agar radia terus berjalan untuk mengirim sinyal darurat. Tidak ada satupun dari 25 insinyur yang selamat dalam peristiwa tersebut.

9. Hanya Satu Wanita yang Selamat

Hanya satu wanita yang sebenarnya turun dengan kapal dan selamat, Rhoda Mary Abott. Abott berada di geladak sampai akhir dengan kedua putranya, dan ketiganya tenggelam ke dalam air dengan kapal. Tragisnya, kedua putranya juga hilang karena ombak lautan, tetapi Abott akhirnya ditarik ke sebuah sekoci yang diselamatkan oleh Carpathia.'

10. Hanya 300 Korban yang Ditemukan

Dari 1.500 korban jiwa, hanya 300 yang ditemukan. Salah satunya adalah mayat yang disebut Unknown Child, yang tak dapat teridentifikasi hampir 100 tahun kemudian.

Tubuh anak itu dievakuasi dari air setelah lima hari Titanic tenggelam. Para penyelamat begitu tersentuh oleh anak kecil itu. Jenazahnya diotopsi tiga kali sebelum akhirnya diidentifikasi sebagai Sidney Goodwin ketika sepatunya disumbangkan ke sebuah Museum dan DNA yang diuji.

Makam Goodwin, ditandai dengan batu nisan yang mengatakan  "Unknown Child". Keluarganya menyatakan batu nisan anak yang tidak dikenal itu mewakili semua anak yang tewas di Titanic.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW