Pantau Flash
Pedagang Pasar Klender yang Positif COVID-19 Bertambah 15 Orang
JK Minta Tempat Ibadah Dibuka Lebih Dulu daripada Mall
Menkeu: Insentif bagi Tenaga Medis Sudah Cair Rp10,45 Miliar
Total Kasus COVID-19 Jadi 28.233: Tambahan 684 Kasus, Terbanyak dari Jatim
Masa Berlaku SIM Habis Antara 17 Maret-29 Mei, Anda Tidak Akan Ditilang

3 Tips Mudah Cegah Risiko Terkena Kanker

3 Tips Mudah Cegah Risiko Terkena Kanker Ilustrasi simbol kanker. (Shutterstock)

Pantau.com - Kanker merupakan salah satu penyakit yang menghantui banyak orang. Penyakit ini menjadi momok karena berisiko menyebabkan kematian yang tinggi. Jika pengidap kanker gagal mendapatkan perawatan yang tepat maka bisa menjadi fatal.

Kanker terjadi ketika sel-sel tumbuh secara terkontrol dan tiba-tiba tak terkendali serta terus berkembang. Gaya hidup, gen, dan faktor pelindung memainkan peran dalam perkembangan kanker. Kabar baiknya, kanker bisa dicegah dengan beberapa cara yang bisa kamu lakukan, sebelum terlambat.

Baca juga: Ini 6 Fakta Seputar Valentine Days, Bagaimana Awal Mulanya?

Ini adalah 3 tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah risiko terkena kanker: 

1. Olahraga secara teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga 30 menit per hari lima kali per minggu (atau total 150 menit) memiliki 15-20 persen menurunkan risiko kanker payudara. Penelitian lain secara konsisten menunjukkan pengurangan 30-40 persen risiko kanker usus besar ketika individu meningkatkan aktivitas fisik mereka. Aktivitas fisik juga telah terbukti mengurangi risiko kanker paru dan endometrium.

Berolahraga dengan intensitas sedang hingga kuat selama 30-60 menit per hari. Contoh latihan intensitas sedang termasuk berjalan cepat, aerobik air, dan bersepeda kurang dari 10 mil per jam. Contoh latihan intensitas yang kuat termasuk joging, mendaki bukit, berenang, dan lompat tali.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Para ahli percaya bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat mencegah hingga 10 persen dari semua kasus kanker di Inggris. Makan lebih banyak buah dan sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker mulut, esofagus, lambung, paru-paru, dan laring. Makan terlalu banyak daging merah (daging sapi, babi, domba) dan daging olahan (salami, bacon, hot dog) telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Baca juga: Amankah Minum Obat Pereda Nyeri saat Haid? Ini Kata Dokter Spesialis

3. Manfaatkan tidur yang cukup

Ada beberapa bukti yang mengganggu ritme sirkadian meningkatkan risiko kanker. Satu studi menemukan bahwa wanita yang bekerja dengan jadwal tidak teratur memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terkena kanker payudara daripada mereka yang bekerja dengan jadwal yang lebih teratur. Pergeseran kerja juga merupakan faktor risiko untuk kanker prostat.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: