Pantau Flash
Pemkot Surabaya Diharapkan Bisa Beli Mobil PCR Seharga Rp10 Miliar
Coppa Italia Jadi Pembuka Kompetisi Sepakbola di Italia
Kemenperin Berkomitmen Kawal Investasi di Indonesia
Nissan Pastikan Tutup Pabrik di Indonesia
Pemerintah Segera Terbitkan Protokol Latihan dan Kompetisi Olahraga

5 Fakta Seputar Kanker Lambung yang Wajib Diketahui

5 Fakta Seputar Kanker Lambung yang Wajib Diketahui Ilustrasi simbol kanker. (Shutterstock)

Pantau.com - Kanker lambung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Seseorang yang mengidap kanker perut seringkali mengabaikan gejala awal yang tidak jelas dan menganggap itu hanya masalah pencernaan saja. 

Kanker lambung pertama kali bisa terjadi di lapisan di dalam perut. Ketika sel-sel berkembang menjadi tumor, situasi ini bisa memburuk. Meskipun alasan pasti di balik kanker lambung belum diketahui, para ahli kesehatan mengidentifikasi faktor-faktor risiko tertentu seperti bakteri yang menyebabkan bisul dan sebagainya. Bahkan peradangan usus dapat meningkatkan risiko kanker lambung.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta tentang kanker lambung yang mungkin tidak kamu ketahui.

Baca juga: 6 Tanda Mematikan Leukimia yang Harus Diketahui Setiap Wanita

1. Faktor genetik

Ilustrasi simbol kanker. (Pixabay)

Dikatakan jika orang tua menderita kanker jenis ini, kemungkinan anaknya juga akan merasakan hal yang sama. Ini berarti faktor genetik juga berperan dalam menyebabkan kanker lambung.

2. Bakteri

Ilustrasi bakteri. (Pixabay)

Beberapa jenis bakteri seperti H. Pylori, hingga kebiasaan diet yang buruk hingga obesitas juga dapat meningkatkan risiko kanker lambung.

3. Gejala awal

Ilustrasi sakit perut. (Shutterstock)

Beberapa gejala awal kanker lambung bisa mengalami kesulitan sata menelan makanan dan mengalami sakit perut yang sangat parah. Gejala kanker ini bisa dimulai dari bagian perut mana saja lalu menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya hati, paru-paru, dan tulang. 

Baca juga: 7 Mitos Seputar Kanker yang Harus Kamu Tahu

4. Diet yang buruk

Ilustrasi daging merah. (Pixabay)

Mengonsumsi banyak makanan asap, ikan asin, daging, dan acar sayuran dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung. Terlebih jika kurang mengonsumsi buah dan sayuran yang disertai merokok, banyak minum alkohol, dan kelebihan berat badan.

5. Pengidap kanker

Ilustrasi simbol kanker. (Shutterstock)

Pengidap kanker limfoma, kanker sel darah putih, kanker esofagus, kanker usus, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker paru-paru, termasuk dalam faktor penyebab kanker lambung.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: