Pantau Flash
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19
Kota Sukabumi Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19
Kasus Baru Positif COVID-19 di Indonesia Hampir 5.000 per 25 September
Pembayaran Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Capai Rp216 Miliar

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Anda Cepat Merasa Lelah

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Anda Cepat Merasa Lelah Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kekurangan waktu tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa energi tubuh Anda terkuras. Energi adalah hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk beraktivitas. Tanpa energi, tentunya aktivitas setiap hari akan terganggu. Namun secara tak sadar seringkali banyak orang yang menghamburkan energi dengan tak efektif.

Berikut ini akan dipaparkan 5 kebiasan umum yang dapat membuat Anda merasa lelah menurut para ahli.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Minum Air Dingin atau Air Hangat Setelah Berolahraga?

1. Melewatkan olahraga

Melewatkan olahraga untuk menghemat energi benar-benar menghasilkan hal berlawanan. Dalam sebuah studi dari Universitas Georgia, diketahui, orang dewasa sehat yang mulai berolahraga ringan tiga kali seminggu selama 20 menit merasa kurang lelah dan lebih bersemangat setelah enam minggu.

Olaharaga rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu membuat sistem kardiovaskular Anda berjalan lebih efisien, dan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda.

2. Kurang minum air

Pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD, mengatakan, kekurangan cairan atau dehidrasi berdampak pada menurunnya tingkat energi. 

Menurut dia, dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, yang membuat darah lebih tebal. Hal ini menjadikan jantung memompa kurang efisien, mengurangi kecepatan di mana oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ.

3. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak mampu fokus. Hal ini menurut Goodson, karena kurangnya oksigen dalam tubuh Anda.  

Dia pun menyarankan Anda untuk meningkatkan asupan zat besi demi mengurangi risiko anemia melalui berbagai bahan makanan, seperti daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur (termasuk kuning telur), sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan selai kacang, dan vitamin C (vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi bila dimakan bersama-sama).

Baca juga: Konsumsi Telur dengan Sayuran Mentah Bisa Menambah Penyerapan Karotenoid

4. Perfeksionis

Profesor psikiatri dari University School of Medicine, Irene S. Levine, PhD, mengatakan, berjuang menjadi sempurna membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama lebih dari yang diperlukan.

"Anda menetapkan tujuan yang (terkadang) sulit atau tidak mungkin untuk mencapainya, dan pada akhirnya tidak ada kepuasan diri, " ujar Levine.

Levine merekomendasikan, untuk menetapkan batas waktu untuk proyek Anda, dan berhati-hatilah untuk menaatinya.

5. Cemas berlebihan

Kecemasan berlebihan seperti menganggap Anda akan dipecat hanya gara-gara bos memanggil secara tiba-tiba, atau mengharapkan skenario terburuk akan selalu terjadi pada Anda dapat melumpuhkan dan membuat mental Anda lelah.

Ketika Anda berpikir negatif, ambilah napas dalam-dalam dan bertanya pada diri sendiri seberapa besar kemungkinan itu buruk itu akan terjadi. Cobalah ke luar ruangan, berolahraga atau berbagi keprihatinan dengan seorang teman. Hal ini akan membantu Anda lebih realistis.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: