Pantau Flash
Anies Baswedan Perpanjang Tanggap Darurat Jakarta hingga 19 April
Positif COVID-19 Meningkat, 1.155 Kasus, 102 Meninggal, dan 59 Sembuh
Cegah Penyebaran Virus Korona, Menag Imbau Masyarakat Tidak Mudik
Seorang Dokter Positif Tertular Virus Korona dari Klaster Bima Arya
Presiden Prancis Ingatkan Italia Waspada Bantuan China dan Rusia

5 Teori Konspirasi Kematian Lady Diana yang Akhirnya Terpecahkan

5 Teori Konspirasi Kematian Lady Diana yang Akhirnya Terpecahkan Putri Diana. (Foto: Mail on Sunday/Andy Kyle)

Pantau.com - Pada 31 Agustus 1997, sebuah mobil mengalami kecelakaan di terowongan Alma di Paris. Sopir mobil tersebut disebutkan berkendara dalam keadaan mabuk. Putri Diana diumumkan meninggal dunia empat jam usai tragedi tersebut. 

Itu mungkin terdengar seperti kecelakaan akibat sopir yang mabuk, namun sejumlah orang, termasuk ayah dari kekasih Diana, yang juga tewas dalam kecelakaan tersebut, mempertanyakan apakah itu benar sebuah 'kecelakaan'.

Sejumlah teori konspirasi yang beredar di masyarakat membuat Polisi Metropolitan London melakukan penyelidikan penuh terhadap tragedi tersebut. Berikut adalah deretan kebenaran di balik desas-desus tersebut dikutip dari Readers Digest.

1. Charles Tak Dapat Menikah Lagi Jika Diana Masih Hidup

Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles. (Foto: Shutterstock)

Diana tampaknya telah memiliki firasat akan kematiannya, usai berpisah dari Pangeran Charles, ia mengirim catatan ke Butler.

"Saya duduk di sini, di meja, hari ini di bulan Oktober dan merindukan seseorang untuk memeluk saya dan mendukung saya agar tetap kuat. Ini adalah fase khusus dalam hidupku yang paling berbahaya, (seseorang) sedang merencanakan 'kecelakaan' mobil saya dengan rem blong dan cedera serius di kepala saya untuk membuat jalan yang jelas baginya untuk menikah".

Baca juga: Kepedihan Tiada Tara Pangeran William Pasca Ditinggal Putri Diana

Kata-kata itulah yang dikutip sejumlah media, dengan melanjutkan bahwa Diana menyebutkan Charles ingin menikahi wanita bernama Tiggy dan Camilla hanya menjadi umpannya. Namun faktanya, Charles kemudian menikah dengan Camilla Parker Bowles.

Butler juga mengatakan bahwa media telah berlebihan dalam mengambil catatan Diana tersebut, yang membuat sang putri terlihat tengah mengalami kecemasan berlebih.

2. Keluarga Kerajaan Tak Setuju dengan Pacar Diana

Kekasih Putri Diana, Dodi Fayed. (Foto: Richard Young/Shutterstock)

Dodi Fayed, kekasih Diana dan anak dari miliarder Mesir, juga merupakan korban dalam tragedi di Paris tersebut. Desas-desus dari ayah Fayed, Mohammed Al Fayed, Diana tengah hamil dengan bayi Fayed dan keduanya berencana untuk melangsungkan pernikahan. 

Sejumlah orang mengklaim bahwa keluarga kerajaan tidak ingin ibu dari pewaris takhta, Pangeran William, untuk menikah dengan seorang Muslim. Namun nyatanya, Operasi Paget menemukan bahwa Dodi Fayed tidak membeli cincin pertunangan seperti klaim sejumlah orang. Terlebih lagi, tes darah menunjukkan bahwa Diana tidak hamil pada saat kematiannya.

3. Keterlibatan Pemerintah AS

Putri Diana. (Foto: Eddie Boldizsar/Shutterstock)

Teori konspirasi lainnya juga menyebutkan bahwa pemerintah Amerika memiliki peran dalam kematian Putri Diana. Dikatakan bahwa CIA dan National Security Agency telah melacak panggilan terakhir Diana dan memiliki 39 dokumen yang berhubungan dengan sang putri.

CIA mengakui memiliki 1.054 dokumen tentang Diana, tetapi tak satupun dari dokumen tersebut berkaitan dengan kecelakaan. NSA juga mengaku telah mensadap telepon Diana dengan istri Duta Besar Brasil. Namun menyatakan bahwa telepon itu dengan percakapan yang normal.

4. Sopir Diana Tidak Mabuk

Kecelakaan mobil yang ditumpangi Putri Diana di Paris. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Misteri Putri Diana Meninggal dalam Kondisi Hamil Akhirnya Terungkap

Laporan resmi menyebutkan bahwa sopir Diana, Paulus mabuk di belakang kemudi, tetapi beberapa mengklaim hal itu sebagai umpan. Teori konspirasi mengklaim sampel mabuk yang digunakan hanya untuk membingkai bahwa Paulus mabuk.

Namun, toksikologi yang menguji empat sampel yang berbeda menyebutkan bahwa kadar alkohol dalam tubuh Paul tiga kali dari batas hukum di Prancis.

5. Pengawal Tahu Ada Rencana Pembunuhan Diana

Trevor Rees-Jones, pengawal Dodi Fayed, yang selamat dari kecelakaan di Paris. (Foto: Steve Maisey/Shutterstock)

Diana, Dodi Fayed, dan sopir mungkin telah menjadi korban dalam kecelakaan di Paris, tapi ada satu yang selamat yakni Trevor Rees-Jones, pengawal pribadi Dodi Fayed. Ayah Fayed mengklaim bahwa Rees-Jones telah mengetahui ada rencana pembunuhan dan tak melakukan apapun untuk menghentikannya. 

Ia bahkan diduga telah setuju untuk menutupi rincian kecelakaan usai secret service mengancam akan membunuhnya jika ia mengungkapkan fakta kecelakaan.

Rees-Jones mengaku telah menerima sejumlah panggilan dan surat usai kecelakaan itu, tetapi ia langsung melaporkannya kepada polisi. Saat ini ia masih tetap konsisten dengan pernyataannya yang dituangkan lewat bukunya, The Bodyguard Story.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: