Pantau Flash
Alex Marquez Juara Balapan Virtual MotoGP Seri Pertama
Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di DKI Jakarta
Musisi Country 90-an, Joe Diffie Meninggal Dunia Akibat Korona
Pakar Geologi: Waspadai Pergerakan Patahan Selatan Pulau Sulawesi
Kementan-Kemendag Satu Suara Soal Relaksasi Bawang Putih dan Bombai

5 Teori Konspirasi Tragedi Mematikan Titanic, Sengajakah Ditenggelam?

5 Teori Konspirasi Tragedi Mematikan Titanic, Sengajakah Ditenggelam? RMS Titanic. (Foto: Wikimedia)

Pantau.com - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar tentang Titanic? pasti beberapa di antara kalian langsung terpikir oleh kisah cinta romantis antara Jack dan Rose. Kisah romansa itu mungkin hanya sedikit dari banyak hal yang masih menjadi misteri tentang tragedi tenggelamnya RMS Titanic di Lautan Atlantik.

Berbagai teori konspirasi bermunculan terkait penyebab kecelakaan Titanic pada 15 April 1912 menuju New York, Amerika Serikat. Titanic merupakan kapal paling mewah di masanya, dengan sejumlah orang-orang ternama menumpang di kapal itu, salah satunya adalah John Jacob.

Titanic dikabarkan tenggelam akibat menabrak gunung es. Namun, teori baru-baru ini mucul mengapa Titanic mudah tenggelam akibat gunung es? Berikut 5 teori konspirasi soal tenggelamnya Titanic dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Teori Konspirasi Soal Selebriti Dunia yang Akhirnya Terpecahkan

1. Kapal yang Tenggelam Bukan Titanic

RMS Titanic. (Foto: Wikimedia)

Teori konspirasi pertama menyebutkan bahwa kapal sebenarnya yang tenggelam bukanlah kapal Titanic, melainkan kapal Olympic, yang dibangun di saat yang sama oleh White Star Line dari HMHS Britanic.

RMS merupakan kapal besar pertama yang dibuat untuk mengarungi samudera, namun pada pelayaran kelima Olympic bertabrakan dengan kapal pesiar Inggris, HMS Hawke pada 20 September 1991, yang menyebabkan kerusakan sangat serius.

HMS Hawke menyalahkan Olympic atas kecelakaan yang menimpa kedua kapal itu. Akibatnya White Star Line dibanjiri tagihan biaya hukum, perbaikan, dan kerugian selama Olympic tak beroperasi.

Seorang penulis Titanic: The Ship that Never Sank?, Robin Gardinier, mengungkapkan Olympic sengaja ditukar menjadi Titanic serta sengaja ditenggalamkan untuk mencairkan asuransi dalam jumlah besar. 

2. Diserang Kapal Nazi U-Boat

Kapal U-Boat Jerman. (Foto: Wikimedia)

Sejumlah pendukung teori konspirasi meyakini bahwa Titanic dihantam torpedo yang ditembakkan dari kapal perang Jerman atau U-Boat. Mereka yang selamat mengaku mendengar suara ledakan di kapal. 

Sejumlah saksi mata juga mengungkapkan melihat sejumlah lampu dari kapal di kejauhan, yang lalu dikaitkan dengan sebuah kapal yang bernama California. Namun, ternyata kapal Californian juga melihat cahaya yang sama, yakni kapal U-boat Jerman.

3. Kecelakaan yang Disengaja


Madeleine Astor dan suaminya Jacob Astor. (Foto: Wikimedia)

Tiga penumpang, yakni John Jacob Astor IV, Benjamin Guggenheim, dan Isador Strauss menentang pendirian bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve Bank gagasan J.P. Morgan, yang juga pemilik White Star Line.

Kematian ketiganya diduga untuk memuluskan pendirian bank sentral tersebut pada tahun berikutnya, yakni 1913. Morgan dan beberapa rekannya membatalkan pelayaraan pada menit-menit terakhir dan selamat. Sementara, para pengkritiknya tenggelam dalam tragedi Titanic.

Baca juga: 5 Konspirasi Artis Dunia, Salah Satunya Paul McCartney Bunuh John Lennon?

4. Kutukan Mumi

The Unlucky Mummy. (Foto: British Museum)

Teori konspirasi lainnya

menyebutkan tragedi Titanic terjadi akibat kutukan mumi. Disebutkan kargo yang diangkut Titanic terdapat sebuah mumi berjuluk The Unlucky Mummy, yang memiliki reputasi sebagai pembawa sial.

Jasad yang diawetkan tersebut diduga adalah seorang putri dari Kerajaan Mesir Kuno yang bernama Amen-Ra. Ia diduga tewas misterius pada tahun 1.500 sebelum Masehi.

Kisah tersebut dikabarkan di sejumlah media pasca-tenggelamnya Titanic. Disebut-sebut, mumi tersebut disimpan ruang bawah tanah rahasia di British Museum. Kemudian, seorang ahli Mesir Kuno dari Amerika Serikat menemukan bahwa peti batu yang dipajang di museum Inggris itu palsu. Maka, ia membujuk pihak museum agar artefak itu bisa ia beli untuk dibawa ke Amerika Serikat.

Setelah itu, peti batu tersebut dibungkus sedemikian rupa hingga tak ada yang menyadari apa gerangan yang ada di dalamnya dan diangkut dalam kargo Titanic.

5. Kebakaran di Bunker

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Beberapa ahli teori percaya telah terjadi kebakaran di dekat lambung kapal Titanic tiga minggu sebelum pelayaran. Sebuah film dokumenter berjudul Titanic: The New Evidence melahirkan teori bahwa Titanic tenggelam karena api, bukan menabrak gunung es.

Api tersebut disebutkan melemahkan kerangka baja kapal dan menyebabkan mudahnya bongkahan es merobek badan kapal. Teori ini datang dari foto-foto Titanic sebelum berlayar yang menunjukkan bekas hitam seperti habis terbakar di badan kapal.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: