Pantau Flash
Polda Metro Jaya: Tak Ada Penutupan Akses Keluar-Masuk Jakarta Selama PSBB
Kabar Duka, Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia
Kemenkes: Orang Terinfeksi COVID-19 Bisa Tularkan ke Hewan
Dua Komisioner Ombudsman RI Dinyatakan Sembuh dari COVID-19
Ridwan Kamil Resmi Ajukan PSBB Bogor, Depok, dan Bekasi

7 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet

7 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet Makanan Rendah Kalori. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Obesitas adalah salah satu penyebab utama gagal jantung, penyakit kardiovaskular dan masalah kesehatan lainnya. Konsumen sering bingung memilih makanan sehat yang rendah lemak, gula, dan karbohidrat.

Memilih kalori yang tepat sangat penting bagi tubuh Anda untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda berpikir untuk menurunkan berat badan, Anda harus mulai mengonsumsi makanan rendah kalori.

Formula sederhana untuk makan makanan rendah kalori adalah menimbun stok makanan rendah kalori di lemari dapur Anda dan kemudian merencanakan daftar makanan Anda sesuai kebutuhan.

Hal paling sederhana adalah membuat setiap sendok dihitung dengan memilih makanan yang rendah kalori, dan juga akan membuat Anda kenyang. Metode ini akan memungkinkan penurunan berat badan.

Berikut 7 makanan rendah kalori yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

1. Salad

Salad adalah salah satu makanan rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan. Salad terbuat dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, tomat dan zaitun, yang semuanya mengandung vitamin C dan antioksidan. Saat memiliki sayuran berdaun hijau, Anda harus mengukusnya sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Gejala yang Akan Muncul Saat Tubuh Kamu Kekurangan Kalori

2. Apel

Apel mengandung pektin, zat yang membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Mereka mengandung serat yang mengisi perut Anda dengan sangat cepat. Anda bisa menambahkannya dalam oatmeal atau membuatnya sebagai salad buah. Anda bahkan dapat menambahkannya dalam sandwich untuk sentuhan rasa manis.

3. Stroberi

Stroberi rendah kalori dan dikemas dengan antioksidan dan vitamin C. Secangkir stroberi akan menurunkan Anda hingga 50 kalori. Anda bisa memotongnya di salad, mencampurkannya ke dalam smoothie atau memilikinya dengan yogurt.

4. Oatmeal

Oatmeal menyerap banyak air dan sarat dengan serat, yang keduanya menjadikannya makanan yang sangat baik untuk mengusir rasa lapar. Oatmeal juga merupakan makanan rendah kalori, yang sempurna untuk menurunkan berat badan dan makanan terbaik untuk sarapan Anda.

5. Telur

100 gram telur hanya mengandung 52 kalori dan kalori itu dikemas dengan protein. Miliki telur rebus untuk sarapan Anda atau Anda bisa mendapatkan telur orak juga, yang hanya 80 kalori. Jangan membuang kuning telur, karena memiliki lebih banyak protein.

Baca Juga: 6 Camilan Sehat yang Aman Dikonsumsi Tanpa Khawatir Menambah Berat Badan

6. Kentang

Meskipun kentang kaya karbohidrat, kentang juga bisa mencegah rasa lapar lebih lama dan dikemas dengan vitamin juga. Anda bisa mengukus kentang atau memanggangnya dalam oven dengan kulit, yang akan menghasilkan camilan energi yang lezat.

7. Jamur

Jamur menjadi pengganti daging yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Jamur menambahkan 25 kalori hanya untuk 100 gram. Namun mereka juga kaya akan seng dan kalium yang membantu mengatur berbagai fungsi tubuh.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: