Pantau Flash
PSSI Akan Gelar Kongres Tahunan Secara Tatap Muka Demi Hindari Gangguan Internet
Bupati Purwakarta Imbau Warganet Hati-hati dengan Akun Palsu yang Mencatut Namanya
Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu Guyur Sejumlah Wilayah di Boyolali
Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa di Sulbar Mencapai 105 Orang
COVID-19 RI per 27 Januari: Kasus Positif 1.024.298 dan Pasien Sembuh 831.330

Benarkah Mengunyah Daun Sirih Bisa Tangkal Virus Korona

Benarkah Mengunyah Daun Sirih Bisa Tangkal Virus Korona Daun Sirih (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebuah informasi beredar di aplikasi percakapan WhatsApp tentang mengunyah daun sirih setiap hari dapat mencegah seseorang terpapar virus korona.

Kabar yang diklaim berasal dari seorang dokter di Singapura itu berisi mengunyah dauh sirih setidaknya satu kali sehari, terutama pada pagi hari, dapat menangkal virus penyebab Covid-19 karena daun sirih mengandung anti-septik.

Baca juga: Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Bisa Turunkan Imunitas

Kandungan antiseptik itu bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan sebagai lokasi pertama serangan virus penyebab Covid-19.

Namun, benarkah daun sirih dapat menangkal virus korona dengan cara dikunyah?

Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan daun sirih memang memiliki fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus 2019-nCoV, penyebab penyakit Covid-19.

Kendati demikian, penggunaan daun sirih sebagai antiseptik pencuci tangan perlu memerhatikan ukuran, dosis dan konsentrasi secara tepat, sehingga tidak menimbulkan resistensi.

Dalam berita itu tidak ditemukan pernyataan Arif Sumantri terkait pemanfaatan daun sirih untuk mencegah virus penyebab Covid-19 di tenggorokan.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Terbaik untuk Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Manfaat antiseptik dalam daun sirih untuk tenggorokan juga tidak terdapat dalam situs Alodokter.com berjudul 'Berbagai Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan'. Tapi, antiseptik dalam daun sirih memang dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan tangan.

Di sisi lain, konsumsi daun sirih secara intensif mempunyai efek samping jika tidak dalam takaran yang sesuai, terutama bagi kesehatan mulut dan gigi. Sementara daun sirih dapat menyebabkan kanker mulut, luka pada rongga mulut, dan gangguan janin jika dikonsumsi secara intensif.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan mengunyah dauh sirih dapat mencegah virus penyebab Covid-19.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty