Pantau Flash
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal
25 Anak Usaha Pertamina Akan Didivestasi dan Likuidasi

Cegah Demam Berdarah, 5 Jus Ini Terbukti Menaikkan Trombosit

Cegah Demam Berdarah, 5 Jus Ini Terbukti Menaikkan Trombosit Jus Buah. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Di negara tropis biasanya penyakit epidemi sering terjadi. Iklim yang panas dan dingin di negara kita memungkinkan tempat berkembang biak yang sempurna bagi serangga pembawa penyakit.

Nyamuk adalah masalah yang berkembang di setiap negara tropis karena kondisi cuaca tempat itu adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi mereka. Juga, virus yang menyebabkan penyakit, tumbuh di tempat-tempat lembab sambil menerima sinar matahari yang cukup.

Salah satu penyakit yang menjadi lebih umum di negara kita adalah demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit tropis yang menyebar melalui nyamuk yang membawa virus dengue. Nyamuk berkembang biak di tempat-tempat dengan air yang tergenang.

Gejala umum demam berdarah meliputi demam, nyeri sendi, dan sakit kepala. Ini dapat mempengaruhi semua kelompok umur. Vaksin untuk penyakit ini masih dalam tahap pengujian dan karenanya belum ada obat yang tepat untuk penyakit ini.

Karena menyebar melalui nyamuk, satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menjaga lingkungan kita bersih dan membersihkan situs mana pun dengan air yang tergenang. Selain itu, sampah tidak boleh dibuang secara terbuka karena ini juga dapat menyebabkan perkembangbiakan nyamuk.

Biasanya, dokter menyarankan istirahat total dan asupan banyak cairan jika terkena demam berdarah karena demam dapat menyebabkan dehidrasi dan juga mengurangi jumlah trombosit. Oleh karena itu, orang menggunakan beberapa solusi alami untuk memerangi penyakit. 

Berikut adalah beberapa jus yang efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit dan mencegah demam berdarah.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jus Buah Delima yang Perlu Kamu Tahu

1. Jus Delima

Jus Delima adalah rumah kekuatan anti oksidan. Ini juga efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit. Ini mempromosikan pertumbuhan limfosit dalam tubuh, yang melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 1 cangkir biji delima harus dicampur dengan 2 gelas air, disaring dan dikonsumsi. 

2. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung sejumlah besar asam amino, penurunan yang mengarah pada penurunan jumlah trombosit. Juga, efektif dalam membunuh virus yang menyebabkan demam dan membantu Anda pulih lebih cepat. Jus lidah buaya banyak tersedia di pasaran.

3. Jus Daun Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu penyembuhan tubuh lebih cepat. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah trombosit. Buat pasta daun pepaya segar dengan air dalam mixer. Konsumsi 4-5 sendok teh ini setiap hari.

Baca Juga: Jangan Memberikan Jus Buah pada Bayi, Ini Alasannya

4. Jus Jambu Biji

Jambu biji penuh dengan vitamin A yang mempercepat proses pemulihan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuatnya lebih tahan terhadap infeksi lebih lanjut. Jus juga mencegah dehidrasi. Potong dua jambu biji menjadi beberapa bagian dan campur dalam blender bersama dengan air. Saring dan minumlah, lebih disukai tanpa pemanis.

5. Jus Jeruk

Apa pun dengan vitamin C dalam jumlah tinggi meningkatkan fungsi kekebalan tubuh kita dan sumber apa yang lebih baik daripada jus jeruk? Ini penuh dengan antioksidan juga yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Jus jeruk juga meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Meskipun ada berbagai macam jus jeruk yang tersedia di pasaran, tidak ada yang mengalahkan rasa jus jeruk segar di rumah.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: