Pantau Flash
Warga Padang Dilarang Keluar Malam dari Pukul 22.00-06.00 WIB
Kota Tegal Resmi Karantina Wilayah
Olahraga Indonesia Fokus Menangani COVID-19
Pemprov Jabar Resmi Keluarkan Maklumat Larangan Mudik dan Piknik
DKI Jakarta Stop Operasional Bus Antarkota dan Provinsi

Deretan Ramalan Kiamat yang Gagal Total dalam Catatan Sejarah

Deretan Ramalan Kiamat yang Gagal Total dalam Catatan Sejarah Blood Moon. (Foto: wikipedia)

Pantau.com - Berbicara kiamat, tentu adalah hal yang diyakini hampir seluruh manusia di muka bumi yang beragama. Hal itu dibuktikan dari Agama dan ilmu pengetahuan.

Terbukti banyak ramalan kiamat yang sempat membuat gempar dunia. Dari kronologinya hingga apa yang akan terjadi saat kiamat yang diramalkan itu terjadi. Namun, ternyata ramalan itu justru tak terjadi.

Melansir Listverse, berikut ramalan kiamat yang ternyata hanya isapan jempol belaka.

1. Planet Nibiru


Ilustrasi Planet Nibiru. (Space)

Pada 23 Sptember 2015 silam, kiamat dipercaya akan terjadi. Planet Nibiru diyakini akan menghantam bumi, dan boom.

Sebelumnya, kiamat yang berasal dari tabrakan Planet Nibiru dengan bumi juga diprediksi terjadi 2003 silam, tepatnya tanggal 27 Mei.

Baca juga: 5 Ramalan Mengerikan Dunia yang Jadi Kenyataan, Salah Satunya di Tanah Jawa

2. Kiamat Suku Maya


Suku Maya. (Foto: wikipedia)

Ramalan kiamat Suku Maya yang diklaim terjadi sebelum 21 Desember 2012 cukup mendoktrin manusia di bumi ini. Hal itu diyakini sudah menjadi perhitungan suku yang besar sekitar 700 masehi.

Konon katanya, ramalan itu sesuai dengan kalender Suku Maya dalam hitungan panjang (Long Count), yang bertemu dalam 5.200 tahun.

Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menepis semua kabar tersebut. 

3. Komet Elenin


Komet Elenin. (NASA)

Astronom Rusia Leonard Elenin membuat kontroversi kemunculan kiamat setelah melihat komet elenin untuk pertama kali pada tahun 2010 silam. Gempa dan gelombang pasang menjadi tanda-tanda kedatangan komet mengerikan itu.

Para pencetus teori ini memperkirakan akan ada tabrakan penuh antara Bumi dan komet Elenin ini pada Agustus hingga Oktober 2011.

Baca juga: 5 Penyebab Terjadinya Kiamat Menurut Sains yang Sejalan dengan Agama

4. Ramalan Blood Moon


Blood Moon. (Foto: Istimewa)

Blood Moon atau gerhana bulan darah selalu dikreditkan erat dengan kiamat oleh para penganut Kristen kuno dari zaman dahulu.

Dalam Kisah Para Rasul dan Wahyu jika matahari akan berubah menjadi kegelapan dan bulan menjadi darah. Parahnya, pada tahun 2014 silam, gerhana bulan darah memang kerap terjadi. 

Namun, kiamat tentu tak terjadi. 

5. Y2K


Ilustrasi Y2K. (Pixabay)

Y2K (Year 2 Kilo) adalah ketakutan orang-orang di seluruh dunia yang terjadi pada malam pergantian tahun 1999 menuju 2000. Penyebabnya adalah kesalahan penanggalan komputer saat itu yang dinamakan kutu milenium (milennium bug).

Y2K ini dimanfaatkan oleh beberapa orang Kristen fanatik untuk meramalkan kiamat akan terjadi pada 1 Januari 2000. Ternyata ketakutan ini terlalu berlebihan. Malahan, Tahun Baru Masehi 2000 diwarnai dengan pesta kembang api penuh warna dalam rangka memasuki milenium ke-3 dan abad ke-21 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: