Pantau Flash
Kasus Positif Korona di Jakarta Tembus 1.000, 126 Orang Tercatat Meninggal
Kasus Pertama! Harimau di Kebun Binatang New York Positif Korona
Bassis Duran Duran, John Taylor Sembuh dari Korona
BMKG Perkirakan Jakarta Akan Diguyur Hujan Hari Ini
Kabareskrim Benarkan Telegram Kapolri Soal Ketersediaan Pangan saat Korona

Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Awas Radang Gusi

Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Awas Radang Gusi Ilustrasi Menyikat Gigi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Apakah pernah saat kamu sedang menyikat gigi muncul darah yang keuar dari selah gigi? Hati-hati, bisa jadi itu pertanda terjadinya radang gusi.

Menjaga kesehatan mulut sangat penting, namun terkadang banyak orang yang hanya fokus pada kebersihan gigi, padaha kebersihan gusi dan lidah juga tak kalah penting. 

Gusi adalah bagian dari penyangga gigi yang berfungsi melindungi gigi, namun fungsi itu tidak akan maksimal bila gusi tidak sehat.

Gusi yang sehat memiliki ciri-ciri berwarna pink, ketika dipegang tetap stabil dan permukaannya punya tekstur berbintik-bintik halus, serta tidak terasa nyeri dan berdarah ketika disentuh.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menerapkan Pola Hidup Sehat

Munculnya darah akibat gerakan halus adalah tanda bahaya karena ada yang tidak sehat dengan kondisi gusi.

Ketika gusi berdarah karena gerakan menyikat gigi yang ringan, bukan karena tertusuk benda tajam seperti tusuk gigi, itu bisa jadi tanda radang gusi.

Ketika kuman-kuman di dalam mulut menghasilkan toksin dan enzim, terjadi inflamasi alias peradangan di dalam mulut. Itulah yang membuat gusi menjadi berdarah ketika terkena gesekan oleh sikat gigi. 

Pada radang gusi yang lebih parah, biasanya ketika banyak karang gigi, pendarahan bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa penyebab. Selain itu, timbul bau mulut yang tidak sedap akibat campuran toksin dari kuman, sisa makanan dan darah dari radang.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik Untuk Penambah Stamina Pria

Ketika radang gusi sudah terlalu parah, gigi akan bergoyang karena penyangga rusak. Selain gusi bengkak dan terasa sakit, penderita juga akan terserang bau mulut yang parah.

Nyaris semua radang gusi tahap awal terjadi akibat akumulasi plak yang tidak dibersihkan. Pada tahap ini, radang gusi bisa diobati dengan rajin membersihkan gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: