Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

Ingin Hamil di Usia 35 Tahun, Perhatikan 5 Hal Ini

Ingin Hamil di Usia 35 Tahun, Perhatikan 5 Hal Ini ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Saat ini, sangat umum bagi perempuan untuk baru memulai proses kehamilannya di usia 35 tahun. Namun, hal ini berpotensi mengakibatkan banyak komplikasi kehamilan yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

Menunda proses kehamilan terlalu lama justru akan mengurangi peluang Anda untuk hamil seiring bertambahnya usia.

Tapi, sebenarnya kehamilan setelah usia 35 tidak sulit jika Anda memiliki beberapa persiapan untuk kehamilan Anda. Dengan saran medis dan kebugaran yang benar, kehamilan di usia yang lebih tua seharusnya tidak menjadi masalah.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk hamil dengan bayi yang sehat setelah usia 35 tahun dengan perencanaan kehamilan yang tepat.

1. Perbaiki diet Anda

Ikuti diet sehat, termasuk daging, ikan, dan produk susu yang dapat meningkatkan produksi telur. Anda juga harus minum sekitar dua liter air setiap hari. Pilihlah daging segar, ikan, dan sayuran daripada olahan makanan siap saji, dan camilan sehat seperti buah dan kacang daripada cokelat & keripik.

Baca Juga: 6 Mitos Seputar Kehamilan yang Sering Beredar di Masyarakat

2. Suplemen Asam Folat

Konsumsilah suplemen asam folat setidaknya tiga bulan sebelum mencoba untuk hamil karena diperlukan untuk bayi di tahap pertama kehamilan ketika Anda bahkan mungkin tidak tahu bahwa Anda sedang hamil. Asam folat mengurangi risiko bayi mengalami cacat tabung saraf. Konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum mengambil suplemen apa pun.

3. Waktu yang Tepat

Peluang terbaik Anda untuk hamil adalah dengan memilih hari yang tepat dalam berhubungan. Ovulasi terjadi sekitar hari ke-14 ketika menghitung dari hari pertama siklus menstruasi terakhir Anda. Enam hari sebelum ovulasi dan enam hari setelah ovulasi adalah hari yang paling penting karena hari ovulasi sulit diprediksi.

4. Perhatikan Kesehatan Emosional

Ini bisa menjadi lebih stres ketika Anda baru mencoba untuk hamil di usia 35 tahun. Pastikan Anda harus lebih santai. Teknik relaksasi, konseling, yoga dan meditasi dapat membantu Anda menjadi sehat secara emosional. Biarkan tubuh Anda terisi dengan energi positif yang baik.

Baca Juga: Cara Alami Mencegah Munculnya Stretch Mark Selama Kehamilan

5. Konsultasikan pada Dokter

Itu selalu lebih baik untuk mengunjungi dokter kandungan Anda bahkan sebelum hamil untuk melakukan pemeriksaan pada riwayat kesehatan Anda dan kesehatan umum. Mengetahui detail medis pribadi Anda akan membantu mereka memberikan saran tentang cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: