Pantau Flash
Surat Edaran Kemenag: Salat Tarawih di Rumah dan Salat Id Ditiadakan
639 Jenazah Dimakamkan di DKI Jakarta Sesuai Protap COVID-19
Update COVID-19 Indonesia 6 April: 2.491 Positif, 192 Sembuh, 209 Meninggal
Dokter Klub Liga Perancis Bunuh Diri Usai Dinyatakan Positif Korona
Pemerintah: Belum Ada Wilayah yang Disetujui untuk Terapkan PSBB

Jangan Berlebihan, Ini 6 Masalah Kesehatan Akibat Kebanyakan Tidur

Jangan Berlebihan, Ini 6 Masalah Kesehatan Akibat Kebanyakan Tidur Ilustrasi bangun tidur. (iStock)

Pantau.com - Tidur minimal 7 jam diperlukan bagi orang dewasa untuk menjaga tubuh berfungsi normal dan untuk menjaga metabolisme tubuh. Seringkali kita mendengar tentang risiko kesehatan yang terkait dengan kurang tidur tetapi pernahkah Anda mendengar bahwa terlalu banyak tidur juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Jadi, apakah buruk jika tidur terlalu banyak? Jawabannya adalah ya. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan minimal 7 jam tidur dan maksimum 9 jam tidur. Jika seseorang tidur lebih dari sembilan jam, maka ia berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan.

Sebaliknya jika Anda tidur kurang dari 5 jam sehari seseorang cenderung mengembangkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, mendapatkan jumlah tidur yang benar sangat penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Dilansir Boldsky, berikut masalah yang timbul jika Anda kebanyakan tidur.

Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

Baca juga: Hati-hati! Kebanyakan Tidur atau Kurang Tidur Bisa Bikin Bego

1. Gangguan Memori

Ini bukan hanya kabar angin tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti telah menemukan bahwa tidur selama lebih dari 9 jam dapat menyebabkan gangguan memori. Penyakit Alzheimer hanyalah salah satu masalah kesehatan utama yang dialami seseorang ketika ingatannya dipengaruhi oleh kelebihan tidur.

2. Risiko Depresi

Namun masalah kesehatan utama lain yang terkait dengan terlalu banyak tidur adalah risiko depresi. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan dalam berbagai kelompok umur dengan orang dewasa dalam kelompok usia 18-59 tahun menjadi bagian utama, ditemukan bahwa mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi.

Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

3. Risiko Diabetes

Mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam berisiko lebih tinggi terkena diabetes, terutama diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan dalam hal ini menyimpulkan bahwa mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam setiap hari gagal memproses gula dan mereka cenderung mengembangkan intoleransi glukosa.

Baca juga: Bukan Cuma Menyerang Fisik, Kurang Tidur Tingkatkan Stres Hingga 30 Persen

4. Peningkatan Risiko Penyakit Jantung

Orang yang tidur lebih dari 9 jam sehari berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, ini disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke jantung ketika seseorang tidur lama.

Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

5. Penambahan Berat Badan

Terlalu banyak tidur lebih dari 9 jam sehari dan kurang tidur dari 5 jam sehari cenderung menambah berat badan. Ketika Anda tidur lebih banyak 24 jam, siklus biologis akan terpengaruh karena yang cenderung menambah berat badan.

6. Mempengaruhi Kesuburan

Masalah kesehatan utama lainnya yang muncul terutama di kalangan wanita yang tidur berlebihan adalah infertilitas. Ini telah disimpulkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di kalangan wanita di Korea.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: