Pantau Flash
Sah! Pilkada Serentak 2020 Tetap Digelar 9 Desember 2020
Peringatan Banjir Warga Jakarta! Bendungan Katulampa Bogor Siaga I
30 Hotel di DKI Jakarta Siap Digunakan untuk Isolasi Pasien COVID-19 OTG
Positif COVID-19 di Indonesia Pecah Rekor (Lagi), Tambah 4.176 Kasus
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda

Netflix Tayang di TVRI, Menkominfo Sebut Tak Menyalahi Aturan

Netflix Tayang di TVRI, Menkominfo Sebut Tak Menyalahi Aturan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan kehadiran film dokumenter Netflix yang telah tayang di TVRI mulai Sabtu (20/6/2020) tidak menyalahi aturan.

"Sejauh itu sejalan dan memenuhi aturan undang-undang yang ada di Indonesia, itu saya kira tidak ada masalah dari sisi kompetisi, manfaat ekonomi, persaingan usaha dan sebagainya, tentu membutuhkan diskusi sesi tersendiri," ujar Johnny dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR, yang disiarkan secara langsung, Senin (22/06/2020).

Baca juga: Telkom dan Netflix Masih Berdiskusi Soal Pembukaan Blokir Layanan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pekan lalu mengumumkan kehadiran film dokumenter Netflix melalui program Belajar Dari Rumah (BDR).

Johnny mengatakan kewenangan kehadiran konten memang berada di tangan Kemendikbud, sedangkan soal ketersediaan jaringan atau infrastruktur jaringan ada pada ranah Kominfo.

Sementara itu, menurut Johnny, terkait dengan pajak digital menjadi domain Kementerian Keuangan, dan melalui digital service tax yang sudah menjadi undang-undang dan telah menjadi kewajiban seluruh pelaku penyelenggara sistem elektronik di Indonesia, baik berasal dari dalam negeri maupun di luar negeri.

"Sistem, mekanisme, perpajakan melalui kantor fisik sudah diubah kehadiran dengan manfaat ekonomi. Banyak perusahaan yang kantor fisiknya tidak ada di Indonesia, tetapi kehadiran ekonominya ada di Indonesia itu subyek pajak digital service," ujar Johnny.

"Siapa pun juga termasuk platform digital seperti Netflix, Facebook, Youtube, semua subyek pada digital service tax yang sudah di Undang-Undang di Indonesia," Johnny menambahkan.

Baca juga: Netflix Akan Hentikan Status Langganan Akun yang Tak Aktif Selama Setahun

BDR merupakan alternatif belajar di tengah pandemi COVID-19. Upaya itu dilakukan Kemendikbud untuk memastikan agar dalam masa yang sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

Film dokumenter Netflix tersebut akan tayang setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: