Pantau Flash
Kemenhub: Sepeda Akan Dibagi Jadi 2 Kategori dengan 7 Jenis Persyaratan
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB

Perhatikan Ini Agar Ban Tubeless Motor Awet

Perhatikan Ini Agar Ban Tubeless Motor Awet Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ban model tubeless menjadi pilihan bagi pengendara sepeda motor karena beberapa keunggulan yang dimiliki dibandingkan ban model biasa (tube).

Meski demikian, ban model ini juga memerlukan perhatian khusus dari para pengendara sepeda motor. Tujuannya agar usia pakai ban tubeless motor menjadi lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Berkendara Aman dengan Teknik Pengereman yang Benar

"Kalau untuk ban tubeless harus rajin pengecekan angin. Kalau ingin usianya awet dan kuat harus rajin cek angin," kata Muhamad Sobari, mekanik di salah saru bengkel ternama.

Dia juga mengatakan tidak ada batas maksimum penambalan pada ban tubeless jika terjadi kebocoran.

"Tergantung ukuran bocor. Kalau bocornya di samping dan susah ditambal itu harus diganti. Kalau jumlah tambalan sih relatif, tapi kalau terlalu banyak juga harus diganti," ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Sulung yang juga seorang mekanik, menyarankan agar pengendara sepeda motor mengisi angin ban tubeless dengan nitrogen agar lebih awet.

"Kalau nitrogen anginnya murni enggak ada uap air. Kalau angin biasa kan dari kompresor dan ada uap air. Kalau angin biasa bannya cepet panas dan membuat pantulannya keras," jelasnya.

Baca juga: Bikers, 5 Bagian Motor Ini Perlu Diperhatikan Saat Cuaca Panas

Sulung juga mengatakan untuk memperhatikan beban yang diangkut oleh sepeda motor. Jika terlalu membawa beban berat akan berpengaruh pada usia pakai ban tubeless yang menjadi lebih singkat.

"Kalau sehari-hari bawa beban enggak terlalu berat bisa awet. Kalau beban berat pengaruh ke tekanan ban dan bisa cepat tipis," tutup Sulung.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty