Pantau Flash
Di Hari Raya Idul Fitri, Kasus Positif COVID-19 Naik 3.448 dengan Total 1.731.652
Menag Yaqut: Selamat Memperingati Kenaikan Isa Almasih
Anies Apresiasi Sikap Presiden Jokowi Soal Palestina
11.281 Personel Gabungan Diturunkan Amankan Pelaksanaan Salat Ied di 2.922 Masjid di Jakarta
TPU Pondok Kelapa Tiadakan Kegiatan Ziarah hingga 16 Mei 2021

Racun Tawon Efektif Mengobati Infeksi Pernafasan Paru-paru

Racun Tawon Efektif Mengobati Infeksi Pernafasan Paru-paru Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kabar gembira untuk ilmu kesehatan, dimana ditemukan dalam penelitian racun tawon mampu mengobati infeksi pernafasan di paru-paru. Setelah para peneliti melakukan uji coba terhadap tikus.

Baca juga: Ternyata Sup Ayam Ampuh Redakan Flu, Kok Bisa?

Melansir laman The Indian Express, penelitian yang dilakukan para peneliti MIT ini termasuk kepada pengembangan antimikroba baru, yang mampu memerangi bakteri penyebab gangguan infeksi pernafasan. Bakteri ini dihasilkan dari tawon asal Amerika Selatan.

Tak disangka, racun serangga milik lebah dan tawon mengandung senyawa yang mampu membunuh bakteri. Tapi sayangnya banyak senyawa ini beracun untuk manusia, sehingga mustahil menggunakannya untuk obat antibiotik.

Tak pantang menyerah, peneliti kemudian mencoba racun tawon berjenis polybia paulista dari Amerika Selatan, dan membuat jenis peptida yang kuat melawan bakteri tapi tidak berbahaya bagi sel manusia.

Hasilnya peneliti menemukan peptida terkuat yang sepenuhnya bisa menghilangkan pseudomonas aeruginosa, sejenis bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan, saluran kemih, dan bakteri yang tahan terhadap antibiotik.

Baca juga: Kapan Harus Mengunjungi Dokter Saat Batuk Menyerang?

"Kami telah mengubah molekul menjadi molekul yang layak mengobati infeksi. Dengan menganalisis secara sistematis struktur dan kegunaan peptida ini kami dapat menyesuaikan sifat dan aktivitasnya," ujar Cesar de la Fuentu-Nunez, salah satu peneliti postdoctoral MIT.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: