Pantau Flash
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik
China Pecat Sejumlah Pejabat Pasca Pasien Korona di Penjara Meningkat
WNI yang Dievakuasi dari Kapal Diamond Princess Langsung Dikarantina
Persija Hadapi Tim Singapura dalam Tajuk 'The Dream Team'
Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial Seluas 73,6 Ribu Hektar

Tak Hanya dapat Pahala, Tersenyum Juga Punya 5 Efek Ini Lho

Tak Hanya dapat Pahala, Tersenyum Juga Punya 5 Efek Ini Lho Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Tersenyum merupakan aktivitas manusia yang paling bermanfaat. Meskipun itu adalah respons terhadap sesuatu yang membuat kita bahagia, tetapi pentingnya tersenyum lebih dari sekadar aktivitas fisik.

Tersenyum, meskipun terpaksa, meninggalkan dampak positif pada suasana hati dan kesehatan mental kita. Ini mengurangi tingkat stres dan menciptakan lingkungan relaksasi. Jadi, tersenyum memiliki dampak positif secara keseluruhan.

Tersenyum juga disebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Dilansir Boldsky, berikut beberapa manfaat dari tersenyum.

Baca juga: Memberi Senyum Palsu Pada Orang Lain Bisa Bikin Kamu Depresi Lho

1. Tersenyum adalah hal positif menular

Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Ketika kita melihat seseorang tersenyum, kita juga cenderung membalas. Ini membuktikan bahwa kegiatan khusus ini menular. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita melihat seseorang tersenyum, itu mengaktifkan area otak kita yang mengontrol gerakan wajah. Orang-orang cenderung membalas senyuman bahkan ketika dirinya sedang down.

2. Mengurangi stres dan tekanan pada jantung

Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Sulit untuk tersenyum ketika sedang stres, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang dapat melakukannya, dia benar-benar membantu dirinya sendiri juga orang lain di sekitarnya. Tersenyum mengurangi tekanan pada jantung dan meninggalkan efek menenangkan.

Baca juga: Selain Membuat Awet Muda, Tertawa Juga Jadi Cara Terbaik Mencegah Diabetes

3. Pelepasan Endorfin

Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Endorfin adalah bahan kimia yang membuat kita lebih bahagia. Mereka dilepaskan selama aktivitas fisik seperti berolahraga dan berlari. Dan percaya atau tidak, senyuman juga melepaskan bahan kimia yang sama dan membantu mengurangi tingkat stres. 

4. Membantu sistem kekebalan

Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Tersenyum membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang melawan penyakit dan ini membuat kekebalan menjadi lebih kuat. Bukan tanpa alasan bahwa anak-anak yang menjalani perawatan diberi cerita lucu dan bermain-main dengan hiburan mereka, karena semakin mereka tertawa, semakin tinggi jumlah sel darah mereka naik, sehingga meningkatkan kesehatan mereka.

5. Baik untuk otak

Ilustrasi tersenyum. (Foto: Shutterstock)

Tersenyum membuat pikiran masuk ke dalam kerangka positif dan tetap dalam keadaan itu untuk waktu yang lebih lama. Ini pada gilirannya membantu diri Anda dalam berbagai cara seperti meningkatkan produktivitas Anda, membuat tetap positif dan fokus, sera membantu Anda menyesuaikan diri dengan tantangan baru lebih cepat. Ini juga membantu orang yang memiliki berbagai penyakit untuk pulih lebih cepat dan tetap bugar.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam