Forgot Password Register

3 Bom Bunuh Diri Tewaskan 23 Orang di Ibu Kota Somalia

3 Bom Bunuh Diri Tewaskan 23 Orang di Ibu Kota Somalia Polisi Somalia membantu warga yang terluka akibat ledakan di Magadishu, Somalia. (Foto: Reuters/Feisal Omar)

Pantau.com - Sedikitnya 23 orang tewas dan beberapa lainya mengalami cedera dalam tiga pemboman mobil di Ibu Kota Somalia pada Jumat 9 November 2018.

Seorang perwira polisi di Mogadishu Abdullahi Mohamed mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu, tiga ledakan ditujukan ke Sahafi Hotel. Ledakan tersebut diikuti dengan penembakan.

"Dua bom bunuh diri ditujukan ke hotel tersebut, yang berada di dekat markas departemen penyelidikan. Beberapa menit kemudian satu bom kembali meledak," kata Mohamed.

Baca juga: 3 Tentara Tewas dalam Serangan Bom di Somalia

Akibat peristiwa tersebut, korban jiwa meliputi tentara, warga sipil, dan pengusaha. Sementara itu, korban yang cedera segera dilarikan ke rumah sakit.

Petugas medis Ahmad Zakariya mengatakan, jumlah korban jiwa mencapai 23 orang, termasuk sembilan di anatarata merupakan anggota Ash Shabaab.

Menurut kantor berita Somalia, enam penyerang tewas oleh pasukan keamanan, sementara tiga lainnya melakukan bom bunuh diri.

Safahi Hotel merupakan salah satu hotel terkenal yang berada di jalan sibuk KM4 selalu dikunjungi pejabat pemerintah Somalia.

Kelompok geriliyawan Ash Shabaab, yang berpusat di Somalia menyatakan bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Organisasi Kerjasama Islam (OIC) dengan keras mengutuk serangan tersebut dan menyatakan sikap menentang untuk semua bentuk tindakan terorisme dan ektremisme dengan kekerasan.

Sekretaris Jenderal OIC Yousef Al Othaimeen mengatakan, OIC memiliki solidaritas dengan pemerintah Somalia dalam perannya melawan tindak terorisme.

Baca juga: Palestina Bantah Telah Setujui Perjanjian Damai yang Disodorkan Mesir

Share :
Komentar :

Terkait

Read More