Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

5 Budaya Adat Indonesia dengan Biaya Nikah Termahal

5 Budaya Adat Indonesia dengan Biaya Nikah Termahal Pernikahan Adat Nias. (foto: kaskus)

Pantau.com -Adat istiadat memang salah satu hal yang sulit dilupakan saat berlangsung pesta pernikahan. Entah adat dari mempelai wanita atau pun pria. Pada suku tertentu bahkan acara adat bisa berlangsung selama beberapa hari. Mulai dari pra acara nikah hingga pasca menikah apalagi jika ada adat pernikahan paling mahal di indonesia

Apa Saja Adat Pernikahan Paling Mahal di Indonesia?

Lamanya prosesi acara adat juga banyaknya hal yang harus dipersiapkan, tak heran kalau membuat biaya pernikahan makin membengkak. Sudah tahu kah kamu adat suku mana saja yang memiliki biaya pernikahan termahal? Pantau.com punya daftarnya untukmu.

1. Adat Bugis, Sulawesi Selatan

adat pernikahan bugis

Suku Bugis dikenal sebagai pernikahan suku yang mahal karena nilai mahar yang harus diberikan emas. Selain itu, proses adat yang dimiliki oleh suku Bugis pun cukup panjang dan meriah karena melibatkan seluruh orang dari keluarga kedua belah pihak hampir di setiap prosesnya.

Baca juga: Mimpi Menikah Dengan Pacar Sendiri? Ini Dia Artinya

Ditambah dengan kelengkapan lain seperti baju pengantin, catering. Total biaya pernikahan bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran. Prosesi pernikahan dimulai dalam tiga acara besar, yaitu sebelum akad nikah, saat akad nikah (pesta pernikahan), dan setelah akad nikah. 

2. Adat Minangkabau, Padang

adat pernikahan minangkabau

Tradisi pernikahan suku Padang termasuk mahal karena tidak hanya keluarga yang terlibat dalam prosesi penyambutan hari pernikahan, tapi juga warga sekitar rumah dan juga para kepala adat. Dalam rangakaian upacara adatnya, ada namanya Malam Bainai oleh mempelai perempuan, yaitu ritual unjuk kasih sayang pada para sesepuh sebelum pernikahan dengan menghias tangan perempuan dengan inai (pacar kuku). Kemudian dilanjutkan dengan Manjapuik Marapulai, yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin pria ke tempat pernikahannya. Besaran biaya yang harus disiapkan dapat mencapai angka Rp150 juta lebih untuk upacara adat Minagkabau.

3. Adat Banjar, Kalimantan Selatan

adat pernikahan banjar

Pernikahan suku Banjar melibatkan banyak orang, baik dari pihak keluarga, orang sekitar tempat tinggal dan tokoh-tokoh adat. Pengantin yang ingin menikah menggunakan upacara adat Banjar harus menyiapkan biaya lebih saat memberikan mahar atau dalam bahasa Banjar disebut Maatar Jujuran.

Baca juga: Deretan Artis Indonesia yang Habiskan Kocek Miliaran untuk Pesta Pernikahan

Dalam adat Banjar, uang Jujuran ini nantinya digunakan untuk keperluan pesta pernikahan serta perlengkapan rumah tangga untuk digunakan oleh kedua mempelai nantinya. Jadi pada dasarnya uang Jujuran merupakan modal berumah tangga yang disediakan oleh pihak laki-laki. Karena nantinya pengantin laki-laki yang akan menjadi kepala rumah tangga.

4. Adat Batak, Sumatera Utara

adat pernikahan batak

Bagi adat Batak, pada dasarnya ada tiga hal yang harus dipenuhi oleh calon pengantin dan memakan biaya mahal. Ketiga item ini adalah Sinamot atau mahar, ulos, dan biaya pernikahan. Jika pengantin perempuan bukan dari suku Batak, maka diadakan upacara tambahan untuk pemberian marga.

5. Adat Nias

adat pernikahan nias

Nias adalah salah satu daerah yang menerapkan adanya mahar untuk pernikahan. Ini memang sudah jadi adat dan kebiasaannya. Mahar yang diberikan kepada pengantin pun tak main-main, utamanya soal biaya. Biasanya, warga setempat menerapkan standar mahar setara dengan 25 ekor babi. Selayaknya kambing, babi pun punya pasaran harga yang cukup mahal, yakni mencapai 1-2 juta rupiah per ekor.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: