Pantau Flash
Sri Mulyani: RI Fokus Konsumsi Domestik Meski Perlambatan Ekonomi Global
Vicky Nitinegoro Ditangkap, Polisi Periksa Liquid Vape Terkait Narkoba
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo

5 Manfaat Ajaib Singkong untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Ajaib Singkong untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Singkong bukanlah makanan yang asing untuk masyarakat Indonesia. Berbagai olahan makanan dibuat dari singkong. Selain mudah didapat dan memiliki harga yang murah, singkong juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Akar dari umbi-umbi ini merupakan salah satu sumber utama karbohidrat dengan sejumlah nutrisi lainnya. Kandungan karbohidrat dalam umbi begitu tinggi sehingga membuat tanaman ini berada di urutan ketiga setelah nasi dan jagung. Selain itu, singkong juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut lima manfaatnya dikutip dari Boldsky.

Baca juga: Ternyata Kulit Semangka Bisa Mengobati Jerawat, Loh...

1. Membantu penurunan berat badan

Ilustrasi singkong. (Pixabay)

Singkong kaya akan serat makanan dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jika ingin menurunkan berat badan. Kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi pada singkong membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus ngemil.

2. Menyembuhkan migrain

Ilustrasi daun singkong. (Pixabay)

Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam umbi bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengkonsumsi singkong dapat membantu mengurangi serangan migrain yang konstan. Ambil 60 gram akar atau daun singkong dan rendam dalam air selama 2 jam dan buat jusnya. Ini akan meringankan dari migran yang parah.

3. Memperbaiki pencernaan

Ilustrasi singkong. (Pixabay)

Seperti disebutkan di atas, singkong kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Serat yang tidak larut membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus, dan mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, kandungan serat dalam akar yang dapat mencegah timbulnya masalah pencernaan juga.

Baca juga: 5 Manfaat Semangka, dari Obat Kanker hingga Asma

4. Mengobati diare

Ilustrasi singkong. (Pixabay)

Sifat antioksidan dari akar dapat membantu mengatasi diare. Jika Anda menderita diare, rebus akar dalam air selama satu jam dan minum ramuan itu. Ini akan membantu dalam menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare juga. Kandungan serat juga membantu dalam menyembuhkan gejala diare.

5. Meningkatkan penglihatan

Ilustrasi olahan singkong. (Pixabay)

Salah satu manfaat utama yang dimiliki oleh singkong adalah bermanfaat bagi kesehatan mata. Konsumsi akar yang terkontrol dapat membantu tubuh dengan vitamin dan mineral yang diperlukan. Dikemas dengan vitamin A, umbi membantu meningkatkan penglihatan dan juga mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk yang dapat berkembang di masa depan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam