Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

5 Penemuan Mengejutkan Hewan Raksasa di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

5 Penemuan Mengejutkan Hewan Raksasa di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Cumi-cumi raksasa yang ditemukan di Selandia Baru dalam keadaan mati. (Foto: Google)

Pantau.com - Sejumlah hewan yang ada di dunia ini memiliki berbagai ukuran dari kecil hingga besar, bahkan beberapa makhluk hidup hanya bisa dilihat dengan bantuan alat teknologi seperti mikroskop dan sebaginya.

Namun, di dunia ini terdapat beberapa hewan yang ditemukan memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran normalnya. Hewan apa sajakah itu? Berikut Pantau rangkum lima penemuan hewan raksasa dari berbagai sumber.

1. Cumi-cumi di Selandia Baru


Cumi-cumi raksasa yang ditemukan di Selandia Baru dalam keadaan mati. (Foto: Google)

Ketiga bersaudara yakni Daniel, Jack, dan Matthew, menemukan cumi-cumi raksasa dalam keadaan mati saat mereka sedang menyelam untuk mencari lokasi memancing dengan tombak.

Ketika penyelam itu menemukan bangkai cumi-cumi yang masih utuh dengan ukuran mencapai 4,2 meter dan penyebab kematian cumi-cumi raksasa itu belum diketahui.

Menurut Internasional Union for the Conservation of Nature (IUCN), cumi-cumi merupakan makhluk yang sangat besar, dan bisa tumbuh hingga mencapai 5 meter untuk cumi-cumi raksasa. Sedangkan, untuk cumi-cumi kolosal panjangnya bisa mencapai 10 meter.

Baca juga: Lebah yang Dinyatakan Punah Sejak 1981 Ditemukan, Spesies Pertama Megachile Pluto

2. Lebah di Indonesia


Professor Simon Robson dari Australia menunjukkan lebah ukuran besar yang diberi nama Lebah Wallace. (Foto: Clay Bolt via ABC News)

Tim peneliti mancanegara berhasil menemukan kembali lebah terbesar di dunia yang berada di Kepulauan Maluku pada Januari 2019. Lebah jenis ini sebelumnya sudah pernah didokumentasikan. Pertama, oleh Alfred Russel Wallace pada 1859, dan yang kedua pada tahun 1981. Namun sejak itu, Megachille pluto dianggap sudah punah.

Peneliti Dr Simon Robson dari Universitas Sydney dan koleganya Glen Chilton dari Saint Mary's University di Kanada bersama seorang fotografer asal AS dan seorang entomolog kemudian bergabung melakukan perburuan lebah ini.

Spesies betina lebah dapat mencapai ukuran panjang 8,3 cm dengan lebar sayap lebih dari 6 sm. Sedangkan, jantan tumbuh sekitar 2,3 cm. Lebah raksasa Wallace juga memiliki seperangkat penjepit besar yang disebut mandibula di bagian kepalanya. Menurut Dr Robson, penjepit ini yang mungkin bisa berbahaya.

3. Nyamuk di China


Nyamuk terbesar di dunia ditemukan di China. (Foto: Xinhua/SCMP)

Seorang entomologis asal China Zhao Li menemukan nyamuk berukuran jumbo di pegunungan Qingcheng, di provinsi Shicuan pada Agustus 2018.

Nyamuk yang diklaim terbesar di dunia itu memiliki rentang sayap 11,15 cm, sekitar 10 kali lebih panjang daripada rata-rata nyamuk.

Nyamuk ini juga tiga kali lebih panjang dibanding nyamuk satu spesiesnya, holorusia mikado yang memiliki bentang sayap 8 centimeter dan ditemukan di Jepan pada 1876. Zhao mengatakan bahwa nyamuk yang tampak mengerikan itu sebenarnya tidak menggigit orang.

Baca juga: Begini Kisah Lebah Terbesar di Dunia yang Ditemukan di Belantara Maluku

4. Ubur-ubur di Inggris


Ubur-ubur barrel, spesies ubur-ubur raksasa. (Foto: Facebook/Lizzie Daly Wildlife)

Dua orang penyelam dikejutkan dengan penampakan ubur-ubur barrel raksasa saat sedang berenang di ujung barat daya Inggris pada Juli 2019 silam. 

Seorang ahli biologi, Lizzie Daly, bersama juru kameranya tengah melakukan penyelaman dalam misi kampanye Wild Ocean Week, ketika ubur-ubur barrel itu muncul di air yang keruh. Daly mengatakan, bahwa jarang sekali penyelam bisa berhadapan langsung dengan ubur-ubur raksasa ini.

Ubur-ubur barrel memiliki lengan besar yang tertutupi oleh tentakel menyengat dan kepala besar berbentuk bulat. 

Ubur-ubur barrel terkadang terbawa hanyut ke pesisir pantai. Ubur-ubur barrel adalah spesies ubur-ubur terbesar yang ditemukan di perairan Inggris. 

5. Anjing Great Dane


Anjing jenis Great Dane bernama Zeus. (Foto: Guinnesworldrecords.com)

Anjing terbesar di dunia dipegang oleh seekor Great Dane bernama Zeus yang tingginya mencapai 111,8 cm dengan berat 70,3 kilogram. Namun Zeus meninggal pada tahun 2014 pada usia lima tahun. 

Great Dane atau yang dikenal dengan Mastiff Jerman merupakan anjing hasil perkawinan silang antara Mastiff Inggris dan serigala Irlandia. Anjing ini masuk ke dalam ras anjing terbesar karena ketinggiannya bukan bobot tubuhnya. 

Great Dane asli dapat menjadi anjing pemburu yang ganas karena memiliki sifat protektif dan agresif terhadap anjing lain.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: