Pantau Flash
Selamat Tinggal.... Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Stop Operasi
Ketua MPR: UU Buatan DPR dan Pemerintah Banyak yang Salahi UUD 1945
Bom Bunuh Diri Terjadi di Ibu Kota Afghanistan, 63 Orang Tewas
Pratu Sirwandi, Prajurit TNI Korban Penembakan KKSB di Papua Gugur
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014

5 Permusuhan Suporter di Indonesia, Ada yang Berseteru Belasan Tahun

Headline
5 Permusuhan Suporter di Indonesia, Ada yang Berseteru Belasan Tahun The Jakmania. (Foto: Pantau.com/Anugerah Ali Rizky)

Pantau.com - Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa kelompok suporter sepak bola di Indonesia ini terkenal tidak akur. Paling melekat tentu dua kelompok suporter klub elit Tanah Air yakni The Jakmania (Persija Jakarta) dan Viking Persib Club (Persib Bandung). 

Baca Juga: 5 Insiden Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola

Namun ternyata tidak hanya kedua suporter ini yang terlibat dalam permusuhan di dunia persepakbolaan Indonesia. Pantau.com merangkum daftar suporter yang saling bermusuhan. 


5. Brajamusti (PSIM) vs Pasoepati (Persis Solo)

Foto Brajamusti (Foto: Timlo)

Perseteruan antar dua kelompok suporter besar di Jawa Tengah ini telah berlangsung cukup lama. Letak Yogyakarta dan Solo yang berdekatan secara geografis membuat bentrokan sering terjadi. Meski keduanya berkutat di kasta kedua sepakbola Indonesia, namun perseteruan cukup menyita perhatian. 

Di awal tahun ini ada angin segar untuk perdamaian dua kubu. Hal itu terjadi setelah Brajamusti mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-19 untuk Pasoepati bulan Februari lalu.

4. Persik Mania (Persik Kediri) vs Aremania (Arema FC)


Ilustrasi Persik vs Arema FC. (Foto: Istimewa)

Perselisihan dimulai saat Manajer Arema FC Iwan Budianto membawa sejumlah pemain Singo Edan hijrah ke Persik Kediri. Keputusan itu ternyata membuat Persik Kediri tampil gemilang dan promosi dari Divisi I ke Divisi Utama. 

Tak ayal, kedua tim pun akhirnya bertemu di kompetisi Divisi Utama. Dengan jarak yang tidak terlaluh jauh membuat Aremnia datang dengan jumlah yang melebihi kapasitas yang disediakan panitia pelaksana (Panpel) pertandingan. 

Baca juga: 5 Pesepakbola Terpendek di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho...

Persik kediri yang saat itu tengah unggul 1-0 membuat Aremania murka. Mereka pun melempari para pemain yang di atas lapangan. Lambat laun ternyata kericuhan tersebut berbuntut pada kerusuhan antara Aremania vs Persik Mania. 

3. Laskar Benteng Viola (Persita) vs Benteng Mania (Persikota)


Ilustrasi suporter Persikota Tangerang. (Foto: Istimewa)

Di sekitaran Jakarta, tepatnya Tangerang juga ada rivalitas yang kental antara Laskar Benteng Viola yang mendukung Persita Tangerang dengan Benteng Mania (kelompok suporter Persikota Tangerang). Keduanya acapkali terlibat tawuran yang menyebabkan kemacetan di sekitaran stadion. 

2. Aremania (Arema FC) vs Bonek (Persebaya)


Aremania. (Foto: Istimewa)

Sebagai dua tim besar di Jawa Timur, rivalitas antara Arema FC dan Persebaya Surabaya ternyata sampai terbawa ke luar stadion. Kedua kelompok suporter ini, yakni Aremania dan Bonek tidak jarang terlibat bentrok di luar lapangan. 

Akibatnya, kedua klub bahkan harus membuat perjanjian di mana masing-masing kelompok suporter tidak boleh datang ke stadion sang rival. Artinya jika Arema vs Persebaya digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, maka Bonek tidak boleh hadir, begitu juga sebaliknya. 

1. The Jakmania (Persija) vs Viking (Persib)


The Jakmania. (Foto: Istimewa)

Perseteruan The Jakmania dan Viking Persib Club (VPC) bisa dibilang menjadi permusuhan terbesar antar dua kelompok suporter sepak bola Tanah Air. Keduanya telah terlibat konflik sejak tahun 2000. Artinya, The Jak dan Viking bermusuhan lebih dari 19 tahun. Dengan basis yang tidak hanya ada di Jakarta dan Jawa Barat, membuat kedua kelompok suporter ini terbilang sangat besar. 

Akibatnya tensi tinggi dalam pertandingan membuat kedua kelompok suporter ini terlibat permusuhan yang tak kunjung henti. Tidak jarang, kerusuhan keduanya pun sampai memakan korban jiwa. 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait:



Komentar

  1. suka main sportsbook? ? tapi takut ga dibayar sama bandar ? kuy buruan join di SPORT165.COM. situs bola online terpercaya, Cukup 1 user ID Anda bisa bermain di semua game sport165.com. modal kecil/dikit, bisa jadi bukit/dapat jutaan rupiah. Bayangkan guys! ga enak dari mana ? sport165.com dengan pasaran bola yang lengkap di dukung 3 provider sportsbook ternama Dan dapatkan promo yang menakjubkan & terbatas hanya di sport165.com - Bonus Hadir/Absen Hingga 100k - Bonus New Member Up to 2Jt - Bonus Next Deposit Up to 1Jt - Bonus Rollingan Up to 0,8% - Bonus Cashback 5% - Bonus Turnover IDN-POKER 0,6% - Bonus Refferal 5% SEUMUR HIDUP Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6282122629282 / +6281381993278 Nyaman dan beruntung Bermain di sport165.com, jadi bagian prioritas kami.!