Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

8 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Jantung Sehat

8 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Jantung Sehat Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Hipertensi dan diabetes adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Dan ini telah menjadi ancaman umum di dunia, khususnya di India. Di negara ini, penyakit kardiovaskular terus meningkat, menurut laporan Financial Express yang dikutip Boldsky.

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbaik. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati untuk mencegah penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan serangan jantung.

Menjaga kesehatan jantung harus bersamaa dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Ada berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang baik untuk jantung. Berikut adalah sejumlah makanan yang baik untuk jantung Anda.

1. Salmon 

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti mackerel dan sarden dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan jantung. Itu karena mereka mengandung banyak asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 terbukti menurunkan risiko aritmia (detak jantung tidak teratur) dan aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di arteri dan menurunkan trigliserida. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak dua kali seminggu.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Asupan Magnesium yang Cukup

2. Oatmeal 

Oatmeal kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah. Oatmeal bertindak seperti spons di saluran pencernaan dan menyerap semua kolesterol yang tidak diserap ke dalam aliran darah.

3. Blueberry

Blueberry, stroberi, dan beri lainnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa wanita yang makan tiga porsi blueberry dan stroberi seminggu memiliki risiko serangan jantung 32 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit. Ini disebabkan oleh senyawa-senyawa seperti anthocyanin, flavonoid, hadir dalam blueberry yang menurunkan tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah.

4. Dark Chocolate


Ilustrasi (iStock)

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Konsumsi cokelat hitam harian dapat mengurangi serangan jantung dan stroke. Cokelat yang terdiri dari setidaknya 60 hingga 70 persen kakao, yang mencegah penyakit kardiovaskular. Mereka mengandung flavonoid yang disebut polifenol, yang dapat membantu tekanan darah, pembekuan darah, dan peradangan. Sayangnya, susu cokelat tidak mengandung banyak senyawa ini untuk melindungi jantung Anda.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Kreativitas

5. Buah Jeruk

Flavonoid dalam jumlah tinggi yang ditemukan dalam jeruk dan anggur mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang mengonsumsi buah jeruk lebih sering, terutama wanita, memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena stroke iskemik, yang disebabkan oleh gumpalan. Buah jeruk juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

6. Kentang

Ilustrasi (iStock)

Kentang dikategorikan sebagai makanan bertepung, tetapi itu tidak berarti Anda akan menghindarinya sepenuhnya. Selama kentang tidak digoreng, bisa baik untuk jantung Anda. Kentang kaya akan kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mereka juga mengandung serat, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Tomat

Tomat mengandung kalium yang menyehatkan jantung dan juga merupakan sumber antioksidan yang baik yang disebut likopen. Lycopene adalah karotenoid yang dapat membantu menyingkirkan kolesterol jahat, menjaga pembuluh darah terbuka dan menurunkan risiko serangan jantung. Tomat juga rendah kalori dan gula.

8. Kacang

Kacang termasuk almond, kenari, pistachio, dan kacang macadamia, yang semuanya mengandung serat yang meningkatkan kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang setiap hari lebih ramping daripada orang yang tidak.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: