Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

5 Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Kreativitas

5 Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Kreativitas Makanan Baik Untuk Otak. (Foto: Picmix)

Pantau.com - Meningkatkan kreativitas tentunya sangatlah penting, terutama jika sering merasa kesulitan dalam menghadapi permasalahan saat bekerja ataupun dalam kegiatan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kreativitas, salah satu yang paling mudah yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.

Tidak semua makanan berkontribusi langsung terhadap perkembangan otak dan kreativitas seseorang, namun lima makanan berikut dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus meningkatkan daya kreativitas pada otak, seperti dikutip medicaldaily.com.

1. Buah-buahan


Buah-buahan. (Foto: Ist)

Penelitian membuktikan buah-buahan kaya dengan kandungan tirosin, yakni asam amino yang dapat membantu mensintesis protein. Zat ini berguna menjaga tubuh tetap bugar dan berpengaruh terhadap kinerja otak yang lebih baik.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Otak Kamu dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi Ini

2. Cokelat


Coklat. (Foto: iStock)

Studi yang dilakukan pada 2007 di Inggris mendapati fakta bahwa mengonsumsi cokelat akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif jangka pendek karena dalam cokelat terdapat asupan flavanol. Berdasarkan studi dari Universitas Nottingham, flavanol diketahui bisa meningkatkan fungsi otak karena ada peningkatan kadar oksigen yang mengalir ke otak.

3. Ikan Laut


Ikan Laut. (Foto: Isw)

Ikan terutama ikan laut banyak mengandung Omega 3 dan asam lemak yang baik bagi perkembangan otak sekaligus meningkatkan daya konsentrasi. Otak yang sehat tentu saja akan membuat daya kreativitas kita meningkat. Selain itu beberapa peneliti juga menyebut bahwa Omega-3 dapat membantu mencegah Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Asupan Magnesium yang Cukup

4. Karbohidrat


Kentang. (Foto: Ist)

Studi dari Universitas Toronto menemukan bahwa, makanan yang kaya kandungan karbohidrat seperti sereal dapat mengantarkan dengan cepat glukosa ke otak. Hasilnya adalah stimulasi otak jadi meningkat sehingga membantu konsentrasi dan memori yang keduanya penting untuk kreativitas. Studi itu juga menemukan, diet karbohidrat misalnya konsumsi kentang dan gandum mampu menaikkan kemampuan kognitif seseorang yang berdaya ingat buruk.

5. Kacang Kenari


Kacang Kenari. (Foto: iStock)

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Plant Foods For Human Nutrition menunjukkan, kacang kemari mampu meningkatkan memori dan fungsi otak karena mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya. Kadar asam lemak omega-3 yang rendah dalam tubuh seseorang berhubungan dengan munculnya depresi dan penurunan kognitifnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: