Forgot Password Register

Headlines

87 Persen Millennials (Rencana) Beli Rumah, Sisanya ke Mana?

87 Persen Millennials (Rencana) Beli Rumah, Sisanya ke Mana? Ilustrasi rumah impian. (Pixabay)

Pantau.com - Kaum millennials rupanya masih betah berlama-lama tinggal di rumah orang tua. Kebanyakan dari mereka baru akan hidup mandiri jika sudah menikah. Kebudayaan timur juga ikut memengaruhi keputusan seseorang untuk tinggal terpisah dari orang tua.

Dikutip, Rumah.com Property Affordability Sentiment Index melakukan survei terhadap 1.000 orang di kota-kota di Indonesia. Dari total responden, sebanyak 63 persen di antaranya berada di golongan generasi milenial, yakni usia 22-35 tahun. Dari total responden millennials ini, sebanyak 51 persen mengaku masih tinggal di rumah orang tua.

Baca juga: 4 Negara Ini Tak Pungut Pajak, Rakyatnya Terkenal Paling Tajir di Dunia

Meskipun tergolong lama dalam memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua, para millennials ini rupanya tetap menyadari pentingnya punya rumah sendiri. Sebanyak 87 persen responden milenial yang mengaku masih tinggal di rumah orang tua mengaku sudah merancang strategi untuk membeli rumah.

Lebih jauh, survei menunjukkan bahwa mayoritas responden milenial menetapkan rencana untuk keluar dari rumah orang tua pada rentang usia 25-30 tahun.

Baca juga: Mau Barang Impian Tapi Males Nyicil? Ikut Arisan Online Aja!

Ketika diminta untuk menyebutkan alasan-alasannya, sebanyak 59 persen menyertakan "belum menikah’ sebagai salah satu faktornya. Alasan lain yang banyak disertakan adalah belum punya uang (53 persen). Sementara alasan "menjaga orang tua" dicantumkan oleh 47 persen responden.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, berpendapat bahwa hasil survei ini menunjukkan bahwa keputusan untuk membeli rumah masih amat dipengaruhi oleh adat-istiadat ‘Timur’.

Banyak orang melihat rumah adalah kebutuhan bagi orang yang sudah berkeluarga sehingga sebelum menikah, kebanyakan orang belum memikirkan untuk membeli rumah.

Baca juga: Beberapa Milenials Terpaksa Menunda Beli Rumah Diantaranya Karena 3 Alasan Ini, Apakah Kamu Salah Satunya?

"Pemikiran ini perlu di-challenge kembali. Saat sudah menikah apa lagi punya anak, kebutuhan finansial akan semakin besar. Ketika menikah, masyarakat kita terbiasa untuk mengeluarkan banyak uang untuk resepsi," katanya.

"Betulkah ini yang diperlukan? coba berpikir lebih jauh, ketika kemudian selepas menikah akan memiliki anak, Anda masih harus mempersiapkan untuk biaya persalinan."

Ia menambahkan, bahwa dimasa depan anak-anak dan kebutuhan sehari-hari jika ditambah dengan biaya cicilan rumah, beban finansial itu akan semakin besar. Dimana akhirnya kebutuhan membeli rumah akhirnya dikorbankan dan sebuah keluarga mengandalkan tinggal di rumah orang tua atau ngontrak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More