Forgot Password Register

Abu Hamzah Bisa Rakit Bom Setelah 6 Tahun Gabung Jaringan Terorisme

Abu Hamzah Bisa Rakit Bom Setelah 6 Tahun Gabung Jaringan Terorisme Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Usai penangkapan terduga teroris Husein alias Abu Hamzah, polisi mengatakan keterampilan merakit bom yang dimiliki pria itu setelah enam tahun terlibat jaringan terorisme Lampung dan Sibolga.

Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan dari keterangan orangtua Abu Hamzah, putranya itu telah aktif dalam jaringan terorisme Lampung.

Baca juga: Polisi Ringkus Sosok Pemasok Dana Jaringan Teroris Abu Hamzah

Namun, untuk jaringan teroris di wilayah Sibolga, Sumatera Utara, Abu Hamzah diketahui baru terlibat beberapa tahun terkahir.

"Selama 6 tahun terakhir keterangan dari orangtuanya ini aktif di beberapa kelompok itu jaringan Lampung dan Sibolga. Baru beberapa tahun terakhir terlibat jaringan Sibolga," ucap Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Bahkan, dari pemeriksaan sementara Abu Hamzah teridentifikasi tergabung dalam kelompok-kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang terafiliasi dengan jaringan ISIS. "Dia (Husein alias Abu Hamzah) link JAD yang terafiliasi dengan ISIS," kata Dedi.

Baca juga: Polisi: Kondisi Istri dan Anak Teroris Sibolga Hancur Lebur

Selain itu, Dedi menegaskan Abu Hamzah tak merakit bom itu seorang diri. Pasalnya, dari pemeriksan itu, Abu Hamzah mengakui dirinya dibantu kedua rekannya yang hingga saat ini tengah menjalani pemeriksaan.

"Dibantu (membuat bom), AH enggak mungkin sendiri," singkat Dedi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More