Pantau Flash
Voli Pantai Indonesia Melaju ke Semifinal Turnamen World Beach Games
KPK OTT Bupati Indramayu
PDIP Pasrahkan Kabinet ke Jokowi
AICHR Desak Diterapkannya Perjanjian ASEAN Soal Kabut Asap Lintas Batas
Tol Langit Diprediksi Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia Timur

Akan Lepas Takhta, Kaisar Jepang Akihito Ziarah ke Kuil Agung

Akan Lepas Takhta, Kaisar Jepang Akihito Ziarah ke Kuil Agung Ilustrasi kekaisaran Jepang. (Foto: Reuters/Du Xiaoyi)

Pantau.com - Kaisar Jepang Akihito bersama Permaisuri Michiko pada Rabu, 17 April 2019, memulai penziarahan tiga hari ke kuil agung di Pulau Ise, tempat tersuci bagi agama Shinto, sebagai bagian dari upacara pelepasan takhtanya bulan ini.

Perjalanan itu merupakan yang terakhir bagi kaisar dan permaisuri berziarah ke kuil di Jepang tengah, yang dipersembahkan bagi Dewi Matahari Amaterasu Omikami, leluhur mistik kaisar.

Baca juga: Era Baru Kekaisaran Jepang Bernama Reiwa

Perdana Menteri Shinzo Abe yang pernah memandu Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan pemimpin negara Kelompok tujuh ke kuil tersebut di sela-sela kegiatan pertemuan puncak G7 pada 2016, melepas kepergian Akihito dan Michiko di Stasiun Tokyo.

Pasangan kerajaan itu melakukan perjalanan dengan membawa pedang dan permata legendaris dalam kotak hitam yang diusung oleh para bangsawan. Kedua benda tersebut, termasuk juga sebuah cermin kuno, dikenal sebagai "Tiga Pusaka Suci Jepang" dan lambang takhta kekaisaran.

Baca juga: Kekaisaran Baru Jepang Reiwa Dimulai 1 Mei 2019, Dunia Bicara

Putra Mahkota Naruhito akan menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito, yang secara resmi turun tahta pada 1 April 2019 setelah berkuasa selama 31 tahun. Sistem nama era kekaisaran dimulai pada Era Meiji (1868-1912) dengan kebijakan "satu kaisar, satu era kekaisaran" karena sebelumnya nama era bisa berganti di tengah-tengah masa kekaisaran, misalnya setelah terjadi bencana alam.

Setelah Era Meiji atau periode "modern", Jepang memiliki tiga nama era kekaisaran, yakni Taisho (1912-1926), Showa (1926-1989) dan Heisei, yang akan berakhir pada 30 April 2019.  


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: