Forgot Password Register

Headlines

Akhir Juli, Pemerintah RI Sambangi AS untuk Negosiasi Perang Dagang

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst) Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tentang pemberian tarif terhadap 124 produk asal Indonesia membuat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membuat strategi perdagangan.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Indonesia akan mengirimkan Kementerian terkait untuk bernegosiasi dengan Pemerintah Amerika Serikat akhir Juli mendatang.

"Ya kita akan kirim tim ke AS untuk negosiasi supaya fasilitas GSP (Generalized System of Preference) kita tetap dipertahankan ya kan kemungkinan akhir Juli berangkatnya," ujarnya Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden RI, Sofyan Wanandi mengkonfirmasi hal tersebut. Ia mengatakan dari pihak kementerian dan kedutan sudah mulai bernegosiasi terkait hal tersebut.

Baca juga: Trump Berani Ancam Tarif Produk RI? Cek Nih Impor AS ke Indonesia!

"Ya akan mau kirim. Jadi Menteri Perdagangan kita tentu akan kirim dan kedutaan kita sudah bekerja juga disana untuk menjelaskan," katanya. 

"Terutama kementerian perdagangan tentu dibantu sama yang lain-lain. Tapi kementerian perdagangan dan Departemen Luar Negeri yang menjadi ujung tombaknya untuk menyelesaikan," imbuhnya.

Sepeti diketahui sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, justru mengancam mengenakan tarif ke 124 produk asal Indonesia. Hal ini menyusul defisit AS dalam hubungan dagang dengan Indonesia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengakui saat ini AS tengah mengevaluasi generalized system of preference (GSP) yang diberikan ke produk-produk asal Indonesia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More