Pantau Flash
Tumbangkan Moekoena, Daud Yordan Juara Dunia Kelas Ringan
Dua Orang Terduga Teroris Ditangkap di Medan
Fakhri Husaini Bantah Pamit dari Timnas U-19
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019

Alasan Khusus Xanana Gusmao hingga Rela Terbang ke Jakarta Jenguk Habibie

Alasan Khusus Xanana Gusmao hingga Rela Terbang ke Jakarta Jenguk Habibie Xanana Gusmao menjenguk BJ Habibie di RSPAD. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Momen pertemuan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang menjenguk Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat terbaring sakit di RSPAD Gatot Subroto jadi perhatian. 

Ternyata, ada alasan khusus yang membuat Xanana jauh-jauh datang menemui Habibie ke Jakarta. Eks pemimpin Timor Leste itu hendak menyampaikan undangan peresmian jembatan BJ Habibie di kota Dili.

Menurut Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos, peresmian jembatan Presiden BJ Habibie di kota Dili itu semula diharapkan akan dihadiri oleh Habibie. Itulah alasan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao berkunjung ke Jakarta pada Juli 2019.

"Itu yang menyebabkan Pak Xanana datang dan ingin bertemu Habibie di kediaman, tetapi tidak bisa karena beliau ternyata sakit dan berada di RSPAD," ujar Alberto di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Video Haru ketika Presiden Pertama Timor Leste Jenguk BJ Habibie

Namun, undangan itu tidak dapat dipenuhi oleh Habibie, presiden ketiga RI, yang sedang terbaring sakit di RSPAD Gatot Subroto.

"Kami datang dan saat melihat Pak Habibie terbaring sakit, Pak Xanana langsung merasa sangat sangat sedih melihat kondisi seorang Habibie yang enerjik dan punya semangat yang luar biasa tinggi terbaring lemah di rumah sakit," lanjutnya.

Sebelumnya, video pertemuan antara Xanana Gusmao dan BJ Habibie saat terbaring di tempat tidur rumah sakit beredar luas di dunia maya.

Menurut Alberto, Xanana yang merasa sedih melihat kondisi Habibie berlutut di samping tempat tidur Habibie dan memeluknya sambil menyampaikan pesan undangan peresmian jembatan dan peringatan 20 tahun Referendum Timor Leste yang jatuh pada 30 Agustus 2019.

"Pak Xanana berkata kepada Pak Habibie 'Bapak, kami sudah 20 tahun referendum, rakyat Timor Leste mengharapkan Bapak datang ke Timor Leste'," kata Alberto bercerita.

Baca juga: Infografis BJ Habibie, Ilmuwan yang Kecerdasannya Lebihi Einstein-Newton

"Ini merupakan pertemuan yang sangat mengharukan antara dua tokoh negara, antara seorang mantan tahanan politik (Xanana) dengan seorang yang telah membebaskannya (Habibie)," ungkapnya.

Namun, Habibie pada waktu itu menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir akibat kondisi kesehatannya.

"Saat itu Pak Habibie terlihat terharu, namun dia bilang 'mungkin saya susah datang ke Timor Leste karena kondisi kesehatan saya'," ungkap Alberto.

Akhirnya, Xanana Gusmao kembali ke Dili, dan pemerintah Timor Leste memutuskan untuk mempercepat penyelesaian jembatan tersebut agar bisa diresmikan pada 29 Agustus 2019, sehari sebelum peringatan Referendum Timor Leste.

Sampai akhir hayatnya, BJ Habibie belum sempat melihat jembatan di Dili yang dinamai sesuai dengan namanya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Nasional

Berita Terkait: