Pantau Flash
The Fed Turukan Suku Bunga, Rupiah Diprediksi Menguat
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Wilayah Perairan Indonesia
PBNU Ikut Komentar Soal Kenaikan Cukai Rokok Berdampak ke Petani Tembakau
PKB Pastikan Beri Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi
Indonesia Hancurkan Kepulauan Mariana Utara 15-1

Amien Rais Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo: 1000 Persen Setuju, tapi...

Amien Rais Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo: 1000 Persen Setuju, tapi... Amien Rais (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akhirnya angkat bicara terkait pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu, 13 Juli 2019. Amien mengungkapkan, bahwa Prabowo sempat mengirim surat sebelum lakukan pertemuan dengan Jokowi.

Amien mengatakan, bahwa surat itu ditulis dan kirimkan Prabowo pada tanggal 12 Juli 2019 ke  kediaman Amien di Kawasan Gadaria, Jakarta Selatan. Dalam surat itu, menurut Amien, Prabowo menyampaikan bahwa 13 Juli akan bertemu dengan Jokowi.

"Isinya 'pak Amien kemungkinan 13 Juli jadi esok harinya akan ada pertemuan dengan pak Jokowi, bagi saya Pak Amien kepentingan lebih besar yaitu keutuhan bangsa, NKRI dan lain-lain itu lebih saya pentingkan'," kata Amien ungkap isi surat yang disampaikan Prabowo di Kantor DPP PAN, Jalan Daksa I, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Gerindra Sebut Tak Ada Kesepakatan Apapun saat Pertemuan Prabowo-Jokowi

Dalam surat itu juga, Prabowo menulis bahwa dirinya usai melakukan pertemuan dengan Jokowi akan langsung menemui Amien. Baik itu di Jogja maupun di kediamannya di Jakarta. Namun Amien menegaskan, hingga saat ini ia belum bertemu dengan mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Nah sekarang saya belum ketemu dengan Pak Prabowo, jadi singkatnya begini, jadi saya tentu tidak bisa jelaskan secara detail mengapa Prabowo sudah ketemu Jokowi tapi yang jelas saya sebentar lagi atau besok pagi atau lusa akan bertemu," ungkapnya.

Baca juga: Waketum Gerindra: 99,9 Persen Rakyat Indonesia Ingin Jokowi-Prabowo Bertemu

Kendati begitu, bagi mantan ketua MPR RI itu yang paling penting adalah dari adanya rekonsiliasi Jokowi bertemu dengan Prabowo yakni jangan dimaknai dengan adanya bagi-bagi jatah kursi menteri.

"Nah sekarang saya tetap pada pendirian saya rekonsiliasi dalam arti bangsa utuh gak boleh pecah saya 1000 persen saya setuju tapi mbahnya setuju yah, tetapi rekonsiliasi itu jangan sampe diwujudkan menjadi bagi-bagi kursi," tuturnya.

"Karena apa gunanya dulu bertanding ada dua pasangan capres cawapres ujung-ujungnya kemudian lantas bagi-bagi, padahal maksudnya supaya ada alternatif ada perspektif lain yang dikerjakan petahana itu," tandasnya.

Baca juga: Politikus PDIP Sindir Pihak-pihak yang Tak Suka Pertemuan Jokowi-Prabowo

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais mengaku dikirimi surat oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebelum Prabowo melakukan pertemuan dengan Joko Widodo pada 13 Juli 2019.

"Saya diberi tahu ajudan saya, Pak Ismail, 'Pak, itu Pak Prabowo mengirim surat amplop tertutup, sepertinya agak tebal, mungkin dua lembar'," kata Amien menirukan perbincangan dengan ajudannya, Sabtu 13 Juli 2019.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: