Forgot Password Register

Anggota Geng 'Texas 7' Pembunuh Polisi Akhirnya Disuntik Mati

Anggota Geng 'Texas 7' Pembunuh Polisi Akhirnya Disuntik Mati Ilustrasi mayat. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Negara bagian Texas melaksanakan hukuman mati terhadap satu anggota "Texas 7", kelompok narapidana yang membunuh seorang polisi di toko peralatan olahraga pada Malam Natal tahun 2000.

Para narapida itu sempat kabur dari penjara pada 13 Desember 2000sebelum insiden pembunuhan itu terjadi.

Joseph Garcia, 47, dinyatakan meninggal pada pukul 18.43 waktu setempat. Ia disuntik di ruang hukuman mati Negara Bagian di Huntsville, kata peradilan kejahatan Texas. Hukuman mati dijalankan setelah Mahkamah Agung AS menolak serangkaian petisi.

Baca juga: 11 Pekerja Konstruksi China Ditahan Pihak Imigrasi Jepang

Sebelas hari kemudian, pada Malam Natal, Garcia dan teman-temannya yang kabur itu merampok sebuah toko peralatan olahraga di Irving. Polisi bernama Aubrey Hawkins (31) tewas ditembak oleh kelompok itu.

Mereka ditangkap sekitar satu bulan kemudian di Taman Colorado RV. Di tempat itu, salah seorang narapidana bunuh diri.

Garcia divonis hukuman mati pada 2013 setelah ia dianggap bersalah melakukan pembunuhan yang bisa diancam dengan hukuman mati terhadap petugas kepolisian.

Walaupun tidak menembak Hawkins, Garcia tetap dinyatakan melakukan pembunuhan berdasarkan hukum negara bagian, yang menganggap seseorang tetap bertanggung jawab jika mereka menjadi kaki tangan pembunuh.

Para pengacara Garcia bertahun-tahun, tanpa hasil, menentang kelayakan kasus itu serta hukuman yang dijatuhkan. Upaya yang telah mereka lakukan termasuk dengan mengajukan banding ke Mahkamah Agung AS pekan lalu.

Baca juga: Sepekan Aksi Protes Rompi Kuning, Perancis Alami Kerugian hingga Rp55 Miliar

Tim pengacara Garcia menekankan aspek konstitusi pada hukum tersebut. Mereka beralasan bahwa hukuman terhadap Garcia tidak relevan setelah dia menunggu selama 15 tahun untuk menjalani hukuman seumur hidup di penjara.

"Garcia, yang tidak melakukan pembunuhan ataupun berniat membunuh, tidak termasuk 'paling buruk di antara yang paling buruk', yang disyaratkan merupakan unsur pembunuhan dengan ancaman hukuman mati," tulis tim pengacara.

Tiga dari tujuh narapidana yang kabur itu sudah menjalani hukuman mati sementara dua lainnya juga sedang menunggu eksekusi. Garcia menjadi narapidana ke-12 yang dihukum mati di Texas dan yang ke-22 di Amerika Serikat pada 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More