Forgot Password Register

Apa yang Terjadi Jika Kita Rutin Mengonsumsi 2 Buah Pisang Setiap Hari?

Apa yang Terjadi Jika Kita Rutin Mengonsumsi 2 Buah Pisang Setiap Hari? Pisang (Foto: pixabay.com)

Pantau.com - Di balik rasanya yang manis, ternyata pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Selain dimanfaatkan sebagai pencuci mulut, pisang dapat dicampur dalam menu sarapan seperti sereal, pancakes dan smoothies.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang, terutama vitamin B6. Zat-zat lain yang bisa diperoleh dari pisang, antara lain mangan, vitamin C, serat, potasium dan magnesium.

Lalu, apa yang terjadi jika kita secara rutin mengonsumsi 2 buah pisang setiap hari?

1. Menurunkan tekanan darah

Buah pisang sangat cocok sekali untuk penderita hipertensi/tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi makanan berkadar garam tinggi. Pisang sangat cocok bagi penderita hipertensi karena pisang sangat minim sekali kandungan garamnya.

Pisang juga kaya akan kalium, kandungan kalium yang tinggi ini juga bagus bagi penderita tekanan darah tinggi. Kombinasi kalium yang tinggi dan garam yang sangat rendah menjadikan pisang buah yang bermanfaat bagi penderita darah tinggi.

2. Melancarkan pencernaan

Pisang kaya akan elemen probiotik yang membantu menjaga pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Secara tidak langsung, makan pisang akan membuat sistem pencernaan lancar. Pisang juga sangat direkomendasikan untuk penderita diare karena kandungan mineral yang terdapat di dalamnya dapat memulihkan kondisi tubuh yang sedang lemah akibat kekurangan energi.

Baca juga: Sering Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan, 3 Bumbu Dapur Ini Banyak Manfaatnya Lho..

3. Mendapatkan perut rata

Pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3,1 gram. Makan pisang juga diketahui mengurangi hasrat makan, jadi pisang dapat membantu dalam menjaga berat badan.

4. Menyembuhkan anemia

Pisang kaya akan zat besi, kalium, vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Mengkonsumsi satu buah pisang per hari tidak hanya menyembuhkan anemia, tapi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.

Baca juga: Dinyatakan Tak Mengandung Susu, Ini Bahaya Susu Kental Manis Bagi Kesehatan

5. Penyeimbang daya tahan tubuh

Pisang kaya akan vitamin B6 yang dapat menghasilkan hemoglobin, insulin dan asam amino untuk meningkat sel dalam tubuh. Pisang juga mengandung 15 persen vitamin C yang berfungsi sebagai penetralisir radikal bebas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More