Forgot Password Register

Arab Saudi Kuasai Twitter Terkiat Kematian Misterius Jamal Khashoggi

Arab Saudi Kuasai Twitter Terkiat Kematian Misterius Jamal Khashoggi Wartawan Jamal Kashoggi. (Foto: Reuters/Murad Sezer)

Pantau.com - New York Times menyebut, Arab Saudi mengerahkan tentara maya untuk melecehkan wartawan pembangkang Jamal Khashoggi di Twitter.

Namun klaim itu enggan ditanggapi oleh Twitter. Sementara itu, wakil dari kedutaan Saudi di Washington juga tutup mulut.

Arab Saudi menyatakan jika Jalam Khashoggi meninggal dalam perkelahian di kantor konsulat di Turki. Sementara itu pejabat Turki menyatakan, Khashoggi dibunuh oleh tim keamanan putra mahkota Mohammed bin Salman.

Baca juga: Trump Soal Pernyataan Tewasnya Khashoggi oleh Saudi: Langkah Awal yang Bagus

Nama Saud al-Qahtani, penasihat Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dianggap sebagai otak di balik terciptanya serangan di Twitter.

Qahtani adalah salah satu dari lima pejabat dipecat Raja Saudi Salman, kata media negara Saudi, sesudah terjadi silang pendapat dunia atas hilangnya Khashoggi.

"The Times" juga mengutip laporan perusahaan konsultan McKinsey & Co, yang membahas pendapat umum tentang langkah penghematan ekonomi, yang diumumkan Arab Saudi pada 2015.

Baca juga: Akui Khashoggi Tewas, Arab Saudi Tahan 18 Tersangka dan Pecat 5 Pejabat Intelijen

Surat kabar itu, yang memperoleh salinan laporan sembilan halaman tersebut, menyatakan perasaan lebih banyak buruk daripada baik dan bahwa percakapan itu didorong tiga orang, yang disebut laporan tersebut.

Sesudah laporan McKinsey itu dikeluarkan, salah satu dari ketiganya ditangkap, yang kedua menyatakan pemerintah menangkap dua saudaranya dan meretas telepon sakunya, serta alamat Twitter yang ketiga ditutup, kata "The Times".

Share :
Komentar :

Terkait

Read More