Forgot Password Register

Headlines

Trump Soal Pernyataan Tewasnya Khashoggi oleh Saudi: Langkah Awal yang Bagus

Trump Soal Pernyataan Tewasnya Khashoggi oleh Saudi: Langkah Awal yang Bagus Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan ketidakpuasannya soal penanganan Arab Saudi terkait kematian wartawan The Whasington Post Jamal Khashoggi.

Arab Saudi mengatakan bahwa Khashoggi, yang kerap mengeritik pemimpin de facto kerajaan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, tewas dalam perkelahin di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Namun Saudi tidak mengungkapkan bukti tewasnya sang wartawan. 

Pengakuan itu merupakan kebalikan dari pernyataan yang dilemparkan Arab Saudi sebelumnya bahwa Khashoggi sudah meninggalkan konsulat Arab Saudi pada hari yang sama ia memasuki gedung perwakilan tersebut.

Baca juga: Akui Khashoggi Tewas, Arab Saudi Tahan 18 Tersangka dan Pecat 5 Pejabat Intelijen

Khashoggi masuk ke gedung konsulat pada 2 Oktober untuk mengambil dokumen-dokumen pernikahannya kelak. Arab Saudi pun telah memecat beberapa oknum yang dianggap terlibat dalam pembunuhan itu.

"Tidak, saya tidak puas sampai kita menemukan jawaban. Tapi (pengakuan) itu adalah langkah awal yang besar, langkah pertama yang bagus. Tapi saya ingin mendapat jawaban,' kata Trump.

Baca juga: Pernyataan Kematian Khashoggi oleh Arab Saudi Dipertanyakan

Sebelumnya, pejabat-pejabat Turki mencurigai bahwa Khashoggi tewas dibunuh di dalam konsulat oleh tim petugas intelijen Saudi. Bahkan jasadnya diklaim telah dimutilasi.

Khashoggi adalah warga negara Arab Saudi dan merupakan penduduk Amerika Serikat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More