Forgot Password Register

Arab Saudi Pasca Sabotase Tanker: Kami Mendukung UEA

Arab Saudi Pasca Sabotase Tanker: Kami Mendukung UEA Ilustrasi kapal tangker. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Arab Saudi menyampaikan dukungannya untuk Uni Emirat Arab, setelah serangan yang ditujukan kepada dua tangker milik Arab Saudi dan dua kapal lain di lepas pantai Uni Emirat Arab, demikian Kantor Berita SPA --yang mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri.

"Serangan tersebut merupakan ancaman berbahaya bagi keselamatan navigasi dan memberikan pengaruh negatif terhadap keamanan kawasan dan internasional", kata kementerian pada Senin (13/5/2019).

Baca juga: Sabotase di Dekat Perairan UEA, Mesir Langsung Pasang Badan

Arab Saudi mengungkapkan dua tangker minyak miliknya ikut menjadi sasaran "serangan sabotase" di lepas pantai Uni Emirat Arab. Pihaknya mengecam peristiwa tersebut sebagai upaya untuk mengacaukan keamanan pasokan minyak mentah dunia.

Uni Emirat Arab mengungkapkan empat kapal komersial pada Minggu disabotase di dekat pelabuhan Fujairah di Uni Emirat Arab. Tempat tersebut merupakan salah satu pusat bungker terbesar di dunia yang berada di luar Selat Hormuz sekaligus koridor utama bagi pasar minyak global.

Meski demikian, operasi perdagangan di Pelabuhan Fujairah dilaporkan masih berjalan dengan lancar.

Baca juga: UEA Sebut 4 Kapal Tanker Disabotase di Dekat Pelabuhan Fujairah

Selat itu merupakan rute perlayaran minyak dan gas dunia yang vital, yang memisahkan negara Teluk dan Iran, yang terlibat dalam perang dingin dengan Amerika Serikat mengenai sanksi AS dan keberadaan militer AS di wilayah tersebut.

Dalam pernyataan itu disebutkan insiden tersebut tidak mengakibatkan tumpahan minyak. UEA juga tidak menyalahkan negara atau pihak lain untuk operasi tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More