Forgot Password Register

Headlines

Banderol Harga Mobil Listrik Produksi Tanah Air, Siapa Tahu Sobat Pantau Tertarik

Banderol Harga Mobil Listrik Produksi Tanah Air, Siapa Tahu Sobat Pantau Tertarik Mobil listrik Selo (Foto: Instagram/kyt_art)

Pantau.com - Penggunaan kendaraan listrik di Indonesia masih terkendala beberapa hal, di antaranya penggolongan mobil listrik pada barang mewah yang membuat pajak pertambahan nilai lebih tinggi dari kendaraan lainnya.

Disamping itu, infrastuktur yang belum terbangun juga membuat masyarakat perlu berpikir dua kali untuk menggunakan mobil listrik. Terkait hal tersebut Perindustrian Airlangga Hartarto memastikan Peraturan Presiden (Perpres) terkait mobil listrik terbit akhir 2019 mendatang.

Sebelum sobat Pantau mantap untuk membeli mobil listik, mungkin alangkah lebih baiknya cek harga-harga mobil listrik yanga ada di Indonesia nih sobat.

1. Mobil listrik Tucuxi

Dikutip automotifo, mobil listrik yang satu ini merupakan karya Danet Surayatama pada tahun 2012. Nama Tucuxi berarti lumba-lumba, karena dari segi desain mirip dengan lumba-lumba. Mobil ini juga dilengkapi motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 268 Horsepower. Itu artinya Tucuxi setara mobil konvesional yang menggunakan mesin 3.000 cc.

Tucuxi menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) atau Nano Lithium sebagia sumbu tenaganya. Lebih hebatnya lagi, mobil listrik Indonesia tersebut telah dilengkapi fitur Fast Charging, sehingga baterainya bisa terisi penuh dalam waktu 3-5 Jam. Teknologi yang dipakai mobil listrik Indonesia ini tidak kalah dari mobil listrik Tesla. Bahkan saat terisi penuh, Tucuxi bisa menempuh jarak sejauh 321 km.

 Baca juga: Nabung Yuk Buat Beli Mobil Listrik, Sebentar Lagi Perpresnya Rampung

Sayangnya mobil ini bernasib naas, karena sempat mengalami kecelakaan saat diuji coba oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di Magetan, Jawa Timur. Sekarang nasib mobil sport listrik yang dikembangkan di Yogyakarta namun belum jelas kelanjutannya.

Kabarnya, jika diproduksi secara massal harga mobil listrik Indonesia ini bisa mencapai Rp1,5 miliar, mahal ya. Yakin mau beli?

Share :
Komentar :

Terkait

Read More