Forgot Password Register

Benarkan Sayur Bayam yang Dipanaskan Mengandung Zat Beracun?

Ilustrasi sayur bayam. (Foto: PxHere) Ilustrasi sayur bayam. (Foto: PxHere)

Pantau.com - Kita pasti sudah tidak asing dengan sayur bayam yang biasanya menjadi menu makan rumahan. Selain cara membuatnya yang mudah, sayur bayam juga termasuk dalam makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Bayam menduduki peringkat teratas yang paling banyak mengandung nutrisi. Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral, zat besi juga fitonutrien yang dibutuhkan bagi tubuh.

Baca juga: Menu Sarapan Kamu Membosankan? Coba Resep Unik Ini!

Mungkin kita pernah mendengar bahwa membiarkan sayur bayam terlalu lama atau memanaskannya sampai dua kali, bisa membuat sayur tersebut berubah menjadi racun. Bahkan ada yang percaya sayur bayam yang dipanaskan bisa jadi pemicu kanker.

Awalnya, kepercayaan ini timbul karena bayam adalah sayuran yang kaya akan nitrat, jika sayur bayam dipanaskan kembali, kandungan nitrat di dalamnya dapat berubah jadi sejenis cairan korosif yang tidak berwarna, dan cairan tersebut merupakan jenis asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar.

Baca juga: Restoran Ini Punya Menu 'Ekstrem' Burger Isi Tarantula, Berani Coba?

Namun, nitrat merupakan senyawa yang stabil, sehingga tidak mungkin berubah akibat mengalami pemanasan. Secara ilmiah sayur bayam yang dipanaskan aman-aman saja dan tidak ada kandungan racun didalamnya.

Meskipun demikian, memang tidak disarankan untuk memanaskan sayur bayam atau sayur lain hingga dua kali, karena proses pemanasan dapat mengurangi kandungan vitamin di dalam sayuran. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More