Forgot Password Register

Headlines

Biru Sendu Sandiaga Uno, Ditanya Dana Kampanye Pilpres

Sandiaga Uno bersama Sudirman Said. (Foto: Pantau.con/Lilis Varwati) Sandiaga Uno bersama Sudirman Said. (Foto: Pantau.con/Lilis Varwati)

Pantau.com - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno kerap menunjukan wajah sedih saat ditanya awak media soal dana kampanye Pilpres. Sandi bahkan meminta agar jangan membanding-bandingkan dana kampanyenya dengan milik kubu paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

"Sedih ya karena itu jangan dibandingkan dana kampanye dengan toko sebelah lah," kata Sandi usai melaporkan dana awal kampanye di Kantor KPU, jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018). 

"Iya kan (dana kampanye Jokowi-Ma'ruf) hampir enam kali lipat lebih banyak dari kita," sambung Sandi. 

Baca juga: Hasil Patungan Pribadi, Dana Kampanye Prabowo-Sandi Rp2 Miliar

Ia menambahkan, koalisinya mengusahakan untuk menggalang dana secara transparan. Hingga saat ini dana kampanye yang baru dilaporkan ke KPU baru Rp2 miliar. 

Dana itu berasal dari patungan Prabowo dan Sandi masing-masing Rp1 miliar.  Dan belum ada yang berasal pihak korporasi. 

"Kita mengutamakan sumber daya kita dulu. Kita ingin korporasi yang ikut aturan main kita dan kita ingin korporasi itu akan disebutkan siapa dan bisa di identifikasi apa kepentingannya memberikan dana kepada kita. Sampai saat ini belum ada (korporasi yang memberi dana)," ucapnya. 

Terkait hitung-hitungan dana kampanye, Sandi mengaku masih mengevaluasinya. Pada hitungan pertama Sandi mengaku tidak puas dengan dana yang diperkirakan karena dirasa terlalu mahal. 

"Lagi dihitung dan kita lagi tekan dananya. Karena hasil perhitungan pertama gak happy masih terlalu mahal, mahal banget. Buat saya sesuatu gak masuk diakal," kata Sandi. 

Baca juga: Dana Kampanye Terkumpul Rp11 M, TKN KIK: Uang Tunai Sebanyak Rp8,5 M

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah menyerahkan laporan awal dana kampanye pemilu presiden 2019.

Salah satu anggota TKN KIK Syafrizal menyebutkan hingga saat ini, dana yang terkumpul untuk proses kampanye paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mencapai belasan miliar rupaiah.

"Kita baru saja menyerahkan berkas. Sebenarnya kita kemarin sudah menyerahkan laporan dana awal kampanye. Sampai kemarin kita sudah mengumpulkan dana sebesar Rp11 miliar. Itu untuk uang tunai sebanyak Rp8,5 miliar dan selebihnya berupa jasa," kata Syadrizal.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More