Forgot Password Register

Headlines

Bisnis (Nyaris) Bangkrut, Marvel Diselamatkan 'Superheronya'

Bisnis (Nyaris) Bangkrut, Marvel Diselamatkan 'Superheronya' Captain Marvel (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Kalian penggemar Marvel, jangan cuma tahu tokoh super heronya, kalian juga wajib tahu soal sepak terjang Marvel yang nyaris bangkrut.

Untungya Marvel bisa bangkit dan masih bisa memproduksi deretan pahlawan penyelamat dunia. Sama halnya dengan Indonesia, rupanya Marvel juga pernah mengalami krisis keuangan, maka Marvel pada tahun 1996 nyaris bangkrut.

Tahun 1996 penjualan komik Marvel yang disebabkan terlalu banyaknya judul dan karakter, omzet Marvel merosot hingga 70 persen. Tak hanya itu, kondisi semakin parah kala  saham Marvel jeblok drastis dari USD35.75 ke titik USD2.38, nyaris menyentuh anka 95 persen. 

Baca juga: Agar Tak Kewalahan, Toko Online Berbenah untuk Harbolnas 2018

Namun, sepertinya dewi fortuna masih berpihak pada Marvel. Saat itu keputusan untuk merger dengan sebuah perusahaan mainan ToyBiz (1997). Tapi belum habis keterpurukan Marvel karena merger tersebut tetap membebani Marvel dengan hutang berbunga tinggi sekitar USD250 juta. 

CEO Marvel saat itu Isaac Perlmuter menegaskan bahwa Marvel perlu menghemat cashflow untuk menumbuhkan bisnis kembali. Bahkan saking ngiritnya, Isaac Perlmuter dan timnya menggumpulkan paper clip dari tempat sampah untuk digunakan kembali.

Baca juga: Waduh! 45 Persen Pekerjaan akan Dilakukan Mesin, Manusia ke Mana?

Namun ibarat pepatah kerja keras pasti tak murah, itu yang menyeabkan Isaac Perlmutter tetap membayar karyawan dengan tinggi. Ia konsisten menggunakan cashflow sebagai barometer sukses bagi Marvel dan kinerja setiap karyawannya. Bonus diberikan terkait cashflow daripada besaran omzet.

Kapan Marvel bangkit?

Iron Man yang dirilis tahun 2008 adalah kebangkitan Marvel yang pertama setelah berjuang sebelas tahun menghemat cashflow. Iron Man meraup box office sebesar $585,174,222. Pasca Iron Man, Marvel mulai bersinar kembali. 

Jika menghitung tahun 1996 ke 2008, maka a Marvel perlu dua belas tahun untuk bangkit.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More