Pantau Flash
Sarri Nantikan Laga Juventus Kontra Spurs di Babak 16 Besar Liga Champions
6 Jasad Korban Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru Ditemukan
The Daddies Melangkah ke Semifinal BWF Wolrd Tour Finals 2019
Menko Mahfud Pimpin Rakor Persiapan Operasi Lilin Jelang Natal-Tahun Baru
Indonesia Belum Tentukan 5G Untuk WiFi atau Perangkat Mobile

Boeing Gulingkan Eksekutif Senior saat 737 MAX Mulai Tumbuh

Boeing Gulingkan Eksekutif Senior saat 737 MAX Mulai Tumbuh Kevin McAllister, CEO Boeing Commercial Airplanes (Foto: Reuters/Pascal Rossignol)

Pantau.com - Boeing Co pada hari Selasa (22/10/2019) menggulingkan kepala eksekutif divisi pesawat komersialnya, Kevin McAllister, menandai keberangkatan tingkat tinggi pertama sejak dua kecelakaan fatal dari 737 MAX jet-nya.

Perusahaan itu menunjuk eksekutif veteran Boeing, Stan Deal, untuk menggantikan McAllister segera sebagai presiden dan kepala eksekutif Boeing Commercial Airplanes (BCA). Deal telah memimpin divisi Layanan Global Boeing.

Pembuat pesawat terbesar di dunia itu menghadapi krisis yang meningkat terkait larangan keselamatan selama delapan bulan dari jet satu-lorong andalannya yang sebelumnya laris dipicu oleh kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia yang menewaskan 346 orang.

Pengumuman ini dilakukan sehari sebelum perusahaan akan melaporkan hasil keuangan triwulanan, mengejutkan beberapa karyawan Boeing, dengan satu orang dalam menyebut McAllister sebagai "kambing hitam" dan menunjukkan bahwa ia datang ke pucuk pimpinan BCA kemudian dalam pengembangan 737 MAX.

Baca juga: Tak Sepakat dengan AS, Perusahaan Inggris Tetap Kerja Sama dengan Huawei

Ini mengakhiri percobaan yang relatif tidak biasa di Boeing untuk memberikan posisi luar kepada orang luar, dan menempatkan divisi pesawat komersial yang penting di tangan orang dalam Boeing yang telah lama melayani yang telah menjalin hubungan dengan beberapa pelanggan penting, seperti Singapore Airlines.

McAllister, seorang tokoh reguler di pertemuan-pertemuan industri, telah menjalin hubungan yang mendalam dengan para pelanggan maskapai penerbangan utama yang ditempa selama posisi penjualan layanan sebelumnya untuk General Electric Co.

McAllister juga dikreditkan sebagian dengan meningkatkan penjualan Boeing bersama-sama dengan kepala penjualan Ihssane Mounir. Momentum penjualan melambat secara signifikan ketika MAX mendarat di seluruh dunia pada bulan Maret. Hingga saat ini, McAllister tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Satu orang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepergian McAllister telah dideskripsikan kepada staf sebagai "pemisahan," sebuah indikasi yang jelas bahwa ia telah dipecat.

Orang lain mengatakan Boeing telah meminta McAllister untuk pergi, tidak memberikan penjelasan selain mengatakan itu adalah langkah yang tepat pada waktu yang tepat untuk kepemimpinan perusahaan. Dia menambahkan bahwa keputusan itu tidak murni terkait dengan MAX.

Kesepakatan bergabung dengan Boeing pada tahun 1986 dan pada tahun 2017 ditetapkan untuk memimpin unit Layanan Global Boeing baru perusahaan, yang menjual layanan analitik, suku cadang dan pelatihan untuk pelanggan maskapai penerbangan.

Tantangan utama Deal adalah untuk mendapatkan MAX kembali ke layanan di seluruh dunia sambil secara bersamaan menangani pengiriman pesawat baru dan meningkatkan produksi lorong-lorong tunggal yang menghasilkan uang. Itu dipandang sebagai salah satu tantangan logistik paling tangguh dalam sejarah industri.

Di luar itu, Deal harus membuat keputusan tentang kode jetliner pasar menengah baru yang potensial bernama NMA, yang telah dikalahkan oleh krisis MAX. Perubahan manajemen diumumkan setelah dewan Boeing bertemu di San Antonio.

Baca juga: 3 Saham Erick Thohir Merosot Usai Dilantik Jadi Menteri BUMN

Sebelumnya Administrator Administrasi Penerbangan Federal Steve Dickson mengatakan Boeing sedang membuat kemajuan dalam memenangkan persetujuan untuk melanjutkan penerbangan, tetapi akan membutuhkan "beberapa minggu" sebelum penerbangan uji sertifikasi utama dapat dilakukan.

Minggu depan, Kepala Eksekutif Boeing Dennis Muilenburg, yang dicopot dari jabatannya sebagai ketua dewan bulan ini, akan memberikan kesaksian di depan Kongres selama dua hari.

"Kami berkomitmen untuk memenuhi komitmen kami dan mendapatkan kembali kepercayaan dengan regulator, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya," kata Muilenburg.

Sebuah keputusan yang disengaja dibuat segera setelah MAX crash untuk membuat Muilenburg wajah publik perusahaan selama krisis, sumber mengatakan, meskipun ia telah menghadapi kritik untuk apa yang beberapa orang di industri telah ditandai sebagai respon kayu dan didorong oleh pengacara untuk masalah yang diangkat dari crash.

Pejabat industri senior mengatakan bahwa kepergian McAllister meninggalkan Muilenburg tepat di garis tembak jika ada wahyu tak terduga lebih lanjut atau jika perusahaan gagal pulih dari salah satu krisis terburuk yang pernah ada.

Ketua baru David Calhoun mengatakan dewan mendukung keputusan tersebut. "Boeing akan muncul lebih kuat dari sebelumnya dari tantangan saat ini dan perubahan yang kami buat di seluruh Boeing akan memberi manfaat bagi publik penerbangan ke masa depan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: