Forgot Password Register

Brexit Tak Jelas, Ryanair Cegah Pemegang Saham Inggris Beli Saham

Brexit Tak Jelas, Ryanair Cegah Pemegang Saham Inggris Beli Saham Maskapai Ryanair (Foto: Getty)

Pantau.com - Ryanair akan mencegah pemegang saham Inggris untuk membeli saham setelah Brexit tanpa kesepakatan. Airline juga akan mencabut hak suara pemilih investor dan mencegah mereka menghadiri rapat perusahaan

Bos Ryanair, Michael O'Leary, telah menyuarakan kekhawatirannya tentang Brexit yang keras. Warga negara Inggris dicegah untuk membeli saham baru di Ryanair setelah Brexit tanpa kesepakatan.

Di bawah rencana yang diumumkan, Ryanair juga akan mencabut hak-hak suara para investor Inggris saat ini dan mencegah mereka menghadiri rapat perusahaan.

Baca juga: Jika Tiket Pesawat (Masih) Mahal, Mudik Lewat Tol Diprediksi Padat

Dikutip The Independent, semua saham Ryanair yang dipegang oleh pemegang saham non-UE akan diklasifikasikan sebagai dibatasi setelah Brexit yang tidak ditransaksikan, perusahaan mengumumkan.

Rencana ini bertujuan menjaga mayoritas maskapai Irlandia yang dimiliki dan dikendalikan Uni Eropa.

Peraturan UE menetapkan bahwa maskapai penerbangan harus lebih dari 50 persen dimiliki dan dikendalikan oleh investor dari blok untuk terbang bebas ke seluruh Eropa.

"Akibatnya, dengan efek dari hari Brexit yang sulit, warga negara Inggris tidak akan diizinkan untuk mengakuisisi saham biasa di perusahaan," kata Ryanair.

Baca juga: Cerita Persaingan Sewa Power Bank dengan Fasilitas Gratis Stasiun

Itu terjadi setelah IAG, yang memiliki British Airways, Aer Lingus dan Vueling, juga membatasi pemegang saham non-UE. IAG bersikeras bahwa perubahan itu tidak terkait dengan Brexit.

Ryanair mengatakan resolusi telah disahkan oleh dewan dan mereka akan mulai berlaku pada hari dimana warga negara Inggris tidak lagi memenuhi syarat sebagai penduduk Uni Eropa.

Dalam sebuah pernyataan kepada pasar saham, perusahaan mengatakan: "Resolusi ini akan tetap berlaku sampai dewan menentukan bahwa kepemilikan dan kendali perusahaan tidak lagi sedemikian rupa sehingga ada risiko terhadap lisensi maskapai yang dipegang oleh anak perusahaan,". Saham Ryanair turun 2,4 persen pada hari Senin menjadi € 11,86.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More