Pantau Flash
Voli Pantai Indonesia Melaju ke Semifinal Turnamen World Beach Games
KPK OTT Bupati Indramayu
PDIP Pasrahkan Kabinet ke Jokowi
AICHR Desak Diterapkannya Perjanjian ASEAN Soal Kabut Asap Lintas Batas
Tol Langit Diprediksi Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia Timur

Buntut dari Kerucuhan Suporter, Komdis PSSI Hukum PSS dan Arema FC

Buntut dari Kerucuhan Suporter, Komdis PSSI Hukum PSS dan Arema FC Komdis PSSI. (Foto: PSSI)

Pantau.com - Buntut kerususan yang terjadi pada laga pembuka Liga 1 2019 antara PSS Sleman melawan Arema FC membuat PSSI memberi hukuman keras. Lewat sidang Komisi Disiplin (Komdis) yang dilakukan pada Minggu 19 Mei 2019, tuan rumah pun mendapat sanksi berat.

Dalam sidang ada tiga poin yang menjadi fokus komdis dalam mengambil keputusan. Yang pertama mendakwa Panitia Pelaksana (Panpel) PSS gagal memberi rasa aman dan nyaman pada pemain, ofisial klub, perangkat pertandingan serta penonton yang datang ke stadion.

Untuk itu, pada empat laga kandang ke depan Komdis menghukum PSS Sleman harus menutup tribun selatan. Tidak hanya itu, mereka juga didenda sebesar Rp50 juta. Jenis pelanggaran lainnya pun harus dirasakan klub berjuluk Elang Jawa tersebut.

Baca Juga: PSSI Minta Kasus Kericuhan PSS vs Arema Diusut Tuntas

Selain itu, suporter PSS Sleman dinyatakan bersalah karena sudah menyalakan flare, kembang api, petasan, dan terlibat aksi saling lempar dengan suporter Aremania yang membuat laga terhenti selama 55 menit. Untuk masalah ini manajemen pun dihukum denda Rp150 juta.

Status bersalah nyatanya tidak hanya tertuju pada klub yang baru promosi di Liga 1 itu. Komdis juga menghukum Arema FC bersalah, karena aksi suporter yang terlibat aksi saling lempar di tribun. Namun, denda yang diberikan Komdis pada Singo Edan lebih kecil, yaitu Rp75 juta.

Sekadar informasi, laga pembuka Liga 1 di Stadion Maguwoharjo 15 Mei 2019 harus terhenti di awal babak pertama akibat kerusuhan suporter di tribun. Kendati demikian, laga tetap bisa dilanjutkan hingga akhirnya PSS menang 3-1 atas Singo Edan.

Baca Juga: Video Detik-detik Kerusuhan Antar Suporter Laga Pembuka Liga 1 2019 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: