Pantau Flash
Sempat ricuh, Rakernas PAN Belum Hasilkan Jadwal Kongres
Ditetapkan sebagai Tersangka, Gathan Saleh Menghilang
Sumbang Emas, Beatrice/Jessy Putus Paceklik Juara Tenis di Sea Games
Jadi Tersangka, Vicky Prasetyo Santai Jalani Pemeriksaan
Soal Kabareskrim Baru, Gus Yaqut: Kapolri Pilih Orang yang Tepat

China Klaim Jadi Pemimpin Dunia Dalam Skala Ekonomi Industri

China Klaim Jadi Pemimpin Dunia Dalam Skala Ekonomi Industri Bendera Amerika Serikat dan China (Foto: Reuters/Aly Song)

Pantau.com - China menjadi pemimpin dunia pada skala ekonomi industri, dengan skala ekonomi digital mencapai 31 triliun yuan ($4,36 triliun) pada tahun 2018, terhitung sepertiga dari PDB negara itu, Sina Finance melaporkan pada hari Senin (23/9/2019).

China telah menjadi satu-satunya negara di dunia yang mendapatkan semua kategori industri yang tercantum dalam klasifikasi industri PBB, kata Miao Wei, Menteri Industri dan Teknologi informasi, pada konferensi pers pada hari Jumat (19 September 2019).

Nilai tambah industri negara bisa dilihat dari pertumbuhan tahunan rata-rata 11 persen dari 12 miliar yuan pada tahun 1952, menjadi lebih dari 30 triliun yuan pada tahun 2018, kata Miao.

Baca juga: Ekspor Minyak Sawit Naik 16 Persen, Paling Banyak ke China

Nilai tambah negara itu dari industri manufaktur menyumbang lebih dari 28 persen dari total dunia pada tahun 2018, menjadi mesin penting yang mendorong pertumbuhan industri dunia. Di antara lebih dari 500 produk industri utama dunia, Cina menempati urutan pertama dalam output di lebih dari 220.

Statistik dari Bank Dunia menunjukkan nilai tambah industri manufaktur China melampaui Amerika Serikat untuk menjadi negara manufaktur nomor satu di dunia pada tahun 2010.

Sementara itu, kapasitas inovasi teknologi industri komunikasi industri China telah sangat meningkat dan negara ini memiliki jumlah paten yang diperlukan terbesar untuk standar 5G.

Dalam 70 tahun terakhir, perusahaan kecil dan menengah China dan perusahaan swasta memainkan peran penting dalam meningkatkan lapangan kerja, menjaga pertumbuhan yang stabil dan merangsang inovasi, menurut Miao.

Pada akhir 2018, jumlah perusahaan kecil dan menengah melampaui 30 juta dan jumlah rumah tangga industri dan komersial wiraswasta melebihi 70 juta. Ini menyumbang lebih dari 50 persen dari pendapatan pajak negara, lebih dari 60 persen dari PDB, lebih dari 70 persen inovasi teknologi dan lebih dari 80 persen lapangan kerja angkatan kerja.

Baca juga: Sawit Jadi Pendukung Ketersediaan Energi Nasional, Untuk Apa Saja?

Miao juga menekankan pentingnya mempromosikan pengembangan peralatan teknis utama berkualitas tinggi, termasuk pesawat penumpang besar C919 buatan sendiri, yang secara efektif mempromosikan peningkatan teknologi industri China dan meningkatkan kapasitas industri dasar dan rantai industri di satu sisi.

Di sisi lain, peralatan teknis utama juga dapat memberikan dukungan dasar untuk bidang-bidang utama dalam pengembangan ekonomi nasional, termasuk energi, petrokimia dan transportasi, Miao menambahkan.

China akan terus mengambil reformasi struktural sisi penawaran sebagai tugas utamanya, dan berupaya mengatasi kelemahan utama dalam penelitian dan pengembangan, teknik, dan industrialisasi untuk meningkatkan kemampuan inovasi kami dan mempromosikan pengembangan peralatan teknis utama berkualitas tinggi, menurut Miao .

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: