Forgot Password Register

Headlines

Di Hadapan Sri Mulyani, Pengusaha Ngeluh Dampak Perekonomian Global

Seminar Peran Serta Dunia Usaha Dalam Membangun Sistem Perpajakan dan Moneter yang Adil,  Transparan, dan Akuntabel  (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Seminar Peran Serta Dunia Usaha Dalam Membangun Sistem Perpajakan dan Moneter yang Adil, Transparan, dan Akuntabel (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Tren pelemahan mata uang yang terjadi pada beberapa negara di dunia terjadi pula di Indonesia. Untuk mencegah terjadinya kondisi yang tidak diinginkan, Pemerintah memperketat kebijakan, salah satunya dengan menekan defisit transaksi berjalan. 

Beberapa upaya dilakukan dengan melakukan penyesuaian tarif Pajak Penghasilan (PPh) Impor. Gejolak ekonomi yang terjadi di pasar global juga tentu dirasakan langsung oleh pengusaha terutama dengan adanya beberapa jenis barang impor.

"Gejola ekonomi dunia mulai terasa membuat suasana kurang nyaman dalam berusaha. Beberapa waktu terakhir, pelemahan rupiah cukup signifikan. Ada tren proteksi dari negara tujuan ekspor kita. Juga peningkatan biaya dalam negeri," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: Menko Darmin Hati-hati, Penundaan PSN Masih Dipilih

Ia menambahkan, kondisi ini juga membuat Pemerintah melakukan pengetatan kebijakan. Menurutnya, beberapa kebijakan dirasa kurang nyaman terutama mengenai fiskal, melalui kebijakan pajak dan bea cukai. 

"Dalam pertemuan dengan pengusaha, ada kekhawatiran melalui Dirjen Pajak melakukan hal yang intensif dalam melakukan pemeriksaan. Mereka tidak khawatir untuk diperiksa, tapi mengenai time consuming dalam menyiapkan data dan hal lain yang membuat suasana tidak nyaman dalam berusaha," ungkapnya.

"Selain itu menurutnya, isu lain adalah kebijakan yang akan datang, yakni UU KUP, PPh, dan PPN yang sampai sekarang masih dibahas," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More