Forgot Password Register

Ditemukan Tikus Rumahan Terjangkit Virus Baru, Ancam Nyawa Manusia

Tikus. (Foto: Pixabay) Tikus. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Beberapa virus serta bakteri baru yang belum pernah dilihat sebelumnya ditemukan pada tikus rumahan di Kota New York, Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil penelitian Center for Infection and Immunity di Mailman School of Public Health di Columbia University yang dilaporkan Xinhua, Rabu (18/4/2018), virus dan bakteri tersebut bisa mangancam nyawa manusia. 

Para peneliti mengumpulkan 416 tikus dari rumah-rumah hunian di tujuh lokasi seluruh New York City. Pengumupulan sampel itu dilakukan setidaknya memakan waktu 13 bulan untuk memastikan virus dan bakteri apa yang telah berkembang di dalam tubuh tikus tersebut. 

Baca juga: Pantau Foto: Tragis! Mesin Pesawat Southwest Meledak, 1 Penumpang Tewas

Jurnal American Society for Microbiology menjelaskan, tikus di seluruh kota tersebut membawa sejumlah penyakit berbahaya termasuk shigella, salmonella, clostridium difficile dan leptospira, yang mengakibatkan demam dan gangguan pencernaan pada manusia.

Sebagian bakteri yang dibawa oleh tikus rumahan itu tahan terhadap tiga anti-biotik yang umum. Selain itu, semua tikus tersebut membawa 36 jenis virus, yang kebanyakan tak pernah dilihat sebelumnya pada tikus.

Populasi tikus di New York City diperkirakan berjumlah 250.000 sampai jutaan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More