Forgot Password Register

Ibarat Catur, PDIP Tunggu Langkah Lawan Sebelum Umumkan Cawapres Jokowi

Ibarat Catur, PDIP Tunggu Langkah Lawan Sebelum Umumkan Cawapres Jokowi Joko Widodo (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku partainya belum akan mengumumkan nama cawapres untuk Joko Widodo di Pilpres 2019. PDIP lebih memilih memantau langkah koalisi kubu lawan terlebih dahulu.

"Ya macam-macam (pertimbangan umumkan cawapres). Kita lihat dukungan dari partai lain, kan kita mesti lihat dukungan dari partai lain," ujar Hasto di DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Baca juga: Demokrat: Prabowo Siap Duet dengan AHY di Pilpres 2019

Ibarat bermain catur, PDIP lebih memilih melihat terlebih dahulu kemampuan kubu lawan dan situasi perpolitikan tanah air. Menurut Hasto, dalam politik haruslah dengan pemikiran dan perhitungan yang amat matang, terlebih situasi politik yang tidak dapat ditebak.

"Bisa melihat untuk mengintip dulu dari pihak sana mencalonkan siapa kemudian juga momentumnya, karena sekali lagi setiap peristiwa politik harus dikalkulasi secara matang seluruh aspeknya, dukungan partainya," kata Hasto.

Hasto memastikan, saat pengumuman cawapres Jokowi nanti seluruh pimpinan partai pengusung harus hadir sebagai tanda persetujuan dan satu suara.

"Seluruh ketua umum juga harus hadir waktu pengumuman itu, itu kan bagian dari beberapa kondisi, kemudian agenda ke depannya. Sehingga ketika diumumkan partai udah betul-betul running," ungkapnya.

Baca juga: TGB Dukung Jokowi, PDIP: Pilihan Rasional dan Realistis

Koalisi poros Jokowi pun dinilai Hasto telah cukup matang lantaran seluruh aspek telah dipersiapkan dengan baik. 

"Jadi kalau yang di sana masih bingung cari calon wakil presiden, buat kita saat ini mempersiapkan aspek-aspek pemenangan pemilu itu sendiri. Siapa yang jadi pimpinan koalisi untuk ketua tim kampanye. Itu kan suatu yang harus disiapkan terlebih dahulu," paparnya

"Sehingga momentum cuaca baik itu masuk ke siap siagaan tim kampanye. Jadi ketika diumumkan langsung semuanya bekerja dengan satu semangat untuk menang," ujarnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More